Wuhan (ANTARA) - Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, China tengah, menangani 560 kereta kargo China-Eropa selama paruh pertama (H1) tahun ini atau melampaui 538 kereta yang tercatat di sepanjang 2022, demikian disampaikan otoritas perkeretaapian setempat pada Senin (3/7).

Dalam enam bulan pertama tahun ini, jumlah kereta kargo China-Eropa yang diberangkatkan dari Wuhan mencapai 128 kereta, sedangkan kereta kargo yang tiba di kota itu sebanyak 432 kereta.

Wuhan mencatat maksimum tujuh kereta kembali dalam satu hari, kata Liu Hongtao, seorang pejabat di departemen kargo Stasiun Wujiashan, yang merupakan stasiun keberangkatan sekaligus stasiun akhir di rute kereta kargo China-Eropa yang diluncurkan oleh Wuhan.

Wuhan meluncurkan layanan kereta kargo China-Eropa pada 2012. Kota itu kini menawarkan 48 saluran logistik internasional, yang menghubungkan 112 kota di 40 negara dan kawasan, sehingga menjadikannya koridor transportasi penting bagi perusahaan perdagangan asing dari dalam maupun luar negeri.

Selain peningkatan jumlah kereta kargo China-Eropa, Wuhan juga mencatat peningkatan jumlah barang yang diangkut oleh kereta kargo selama periode tersebut. Ekspor utama meliputi komponen elektronik, suku cadang otomotif, teh, dan jeruk, sedangkan impor dari Eropa meliputi susu bubuk, anggur merah, dan furnitur, papar Stasiun Wujiashan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023