Hasil ini merupakan buah kerja keras seluruh pemain yang sebelumnya sepakat untuk bangkit.
Lamongan (ANTARA News) - Persela Lamongan bangkit dari keterpurukan saat mengalahkan tim papan atas Mitra Kukar dengan skor 2-0 pada pertandingan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Surajaya Lamongan, Jawa Timur, Rabu.

Kemenangan "Laskar Joko Tingkir" ditentukan melalui gol bunuh diri pemain bertahan Mitra Kukar Septi Hadi pada menit ke-24 dan tendangan keras Samsul Arif di menit ke-90.

"Hasil ini merupakan buah kerja keras seluruh pemain yang sebelumnya sepakat untuk bangkit," kata Karteker Pelatih Persela Didik Ludianto usai pertandingan.

Mantan pelatih Persela U-21 ini ditunjuk menangani tim, setelah manajemen mengistirahatkan Gomes de Oliviera dari posisi pelatih utama sejak Senin (4/3), menyusul serangkaian hasil buruk yang dialami Gustavo Lopez dan kawan-kawan di beberapa laga.

"Selain motivasi tinggi untuk bangkit, kunci kemenangan adalah disiplin dalam bermain dan menjalankan strategi dengan baik di lapangan, terutama dalam mengantisipasi serangan Mitra Kukar dari sektor sayap," tambahnya.

Kemenangan ketiga dalam sembilan laga yang sudah dimainkan tersebut, mengantar Persela lepas dari posisi juru kunci dan naik ke peringkat 10 klasemen sementara.

Dalam laga yang diwarnai banyak pelanggaran tersebut, wasit Jerry Elly mengeluarkan tujuh kartu kuning, masing-masing lima kartu untuk pemain Persela, yakni Arifki Eka Putra, Gustavo Lopez, Inkyun Oh, Zaenal Arifin, dan Samsul Arif.

Sedangkan dua kartu kuning lainnya diberikan kepada pemain Mitra Kukar, yakni Deddy Gusmawan dan Achmad Bustomi.

Kekalahan atas Persela menjadi yang kedua beruntun dialami Mitra Kukar dalam lawatan ke Jatim, karena sebelumnya juga takluk 1-3 dari tuan rumah Persepam Madura United, Minggu (3/3).

Pelatih Mitra Kukar Steven Hansson mengakui timnya tampil buruk dan kurang disiplin dalam menjaga pergerakan lawan, sehingga Persela mampu memanfaatkan peluang untuk mencetak gol.

"Ini pertandingan yang cukup berat buat kami, apalagi laga sebelumnya juga kalah dari Persepam. Penampilan tim kami hari ini tidak bagus, padahal banyak pemain timnas di tim ini," katanya.

Mitra Kukar sebenarnya memiliki kesempatan menyeimbangkan skor di menit ke-67 setelah mendapatkan tendangan penalti, tetapi bola yang dieksekusi Esteban Herera masih melambung dari mistar gawang.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013