nanti diberi air zamzam dengan menunjukkan paspor
Surabaya (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya memastikan setiap jamaah haji dapat air zamzam masing-masing 10 liter yang telah disiapkan Kementerian Agama (Kemenag).

Ketua PPIH Debarkasi Surabaya Husnul Maram menjelaskan, pembagiannya dilakukan bertahap, yaitu lima liter diserahkan langsung setelah jamaah menjalani proses pemeriksaan dokumen dan kesehatan di Asrama Haji Debarkasi Surabaya.

"Lima liter kemasan galon air zamzam sisanya akan dibagikan setelah tiba di daerah masing-masing," katanya kepada wartawan di sela penyambutan kedatangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) 1 di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Selasa petang.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Kemenag menjatah setiap jamaah haji membawa pulang masing-masing lima liter air zamzam kemasan galon.

"Alhamdulillah, berkat upaya Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas, tahun ini setiap jamaah haji kita mendapatkan masing-masing 10 liter air zamzam," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur (Jatim) itu.

Baca juga: Jamaah haji dapat 10 liter air zamzam dan dibagikan di debarkasi
Baca juga: Kemenag minta jamaah haji tidak memasukkan air zamzam ke koper bagasi


Malam ini PPIH Debarkasi Surabaya mulai menerima kedatangan jamaah haji dari tanah suci, yaitu kloter 1 asal Kabupaten Bangkalan, kloter 2 asal Kabupaten Bangkalan, Kota Madiun dan Surabaya, serta Kloter 3 asal Kabupaten Bangkalan, Sampang dan Kota Surabaya.

Husnul memastikan, totalnya 88 kloter Debarkasi Surabaya, atau sebanyak 38.360 jamaah haji asal Jatim, Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dipulangkan bertahap hingga tanggal 2 Agustus mendatang, dengan terlebih dahulu singgah di Asrama Haji Surabaya.

"Jadi prosesnya di Asrama Haji Debarkasi Surabaya ini kita pastikan kesehatan jamaah haji. Kedua adalah proses terkait dokumen jangan sampai keliru dan sebagainya. Setelah selesai semua maka jamaah haji dipersilakan keluar dan nanti diberi air zamzam dengan menunjukkan paspor," ucapnya.

Sementara, hingga proses pemulangan haji hari pertama, PPIH Debarkasi Surabaya mencatat sebanyak 72 jamaah meninggal dunia di Tanah Suci,  terdiri dari 70 jamaah asal Jatim, serta dua lainnya asal NTT.

Baca juga: PPIH ingatkan aturan berat koper jelang kepulangan 4 Juli
Baca juga: Sebanyak 6.791 galon air zamzam tiba di Embarkasi Makassar
Baca juga: Jamaah masih bawa air Zamzam hampir lolos dari pemeriksaan

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023