Jakarta (ANTARA) -
Ketua Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP MPI) Anthony Charles Sunarjo mengatakan Merah Putih siap menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle 2023 di Nusa Dua, Bali, pada 1-5 November.
 
PP MPI pun telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo guna berkoordinasi lebih lanjut di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa.
 
"Kehadiran kami untuk melaporkan rencana PP MPI yang mendapat kepercayaan untuk menggelar Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle UIPM 2023. PP MPI mendapat dukungan dari pemerintah (Kemenpora) dan pemerintah di daerah. Karena ajang ini melibatkan banyak negara dan akan diikuti sekitar 600 atlet," kata Anthony seperti dilansir laman Kemenpora, Selasa.
 
Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah dari Persatuan Internasional Pancalomba Modern atau Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM) pada tahun lalu.

Baca juga: KONI dukung penuh Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle 2023 di Bali
 
UIPM sebelumnya menyatakan pemilihan Bali dilakukan sebagai upaya memelihara warisan yang telah ditinggalkan dalam Asian Games 2018, yang digelar di Indonesia. Menurut UIPM, pancalomba modern terus berkembang di Indonesia.
 
Atlet-atlet muda Indonesia juga terus bermunculan, sehingga penunjukan Bali sebagai tuan rumah untuk kali pertama akan terus mendorong perkembangan olahraga pancalomba modern lebih jauh lagi.
 
"Kebanggaan luar biasa, kita akan melihat benua Asia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle untuk pertama kalinya di Bali. Proses pemilihan tuan rumah yang kompetitif dan menginspirasi ini menekankan kesehatan dan daya tarik yang berkelanjutan dari olahraga dan kompetisi UIPM," kata Presiden UIPM Klaus Schormann ketika penunjukan Bali sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle 2023.
 
Sementara itu Dito Ariotedjo, sapaan akrab Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang didampingi Staf Khusus Bidang Peningkatan Prestasi dan pengembangan Industri Olahraga Ardima Rama Putra akan mendukung penuh untuk kesuksesan Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle UIPM 2023.
 
"Terima kasih atas laporannya terkait akan digelarnya Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle UIPM 2023. Kami akan dukung, karena ini juga kejuaraan dunia yang bisa mengharumkan olahraga Indonesia," ujar Dito.
 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023