Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi kemarin Selasa (4/5) yang disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Kasal: Kapal perang Jerman ke Indo-Pasifik itu "goodwill visit"

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menilai rencana Jerman mengirim dua kapal perangnya ke Indo-Pasifik itu merupakan wujud muhibah atau kunjungan persahabatan (goodwill port visit) yang biasa dipraktikkan angkatan laut dari berbagai negara di dunia.

Kasal juga meyakini Angkatan Laut Jerman pasti akan berkoordinasi dengan TNI AL manakala kapal perangnya nanti memasuki perairan Indonesia, mengingat negara itu cukup rutin mengirimkan kapalnya ke berbagai negara dan selama ini komunikasinya pun baik.

Selengkapnya baca disini

2. KPU sebut pemilih belum miliki KTP-el bisa gunakan hak pilih dengan KK

​Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pemilih yang belum memiliki KTP elektronik (e-KTP) namun telah berusia 17 tahun tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara Pemilu 2024 dengan menunjukkan kartu keluarga (KK).

"Dia masih bisa (menggunakan hak pilih) dengan menggunakan kartu keluarga," kata Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca disini

3. Jokowi sampaikan hal prioritas tingkatkan bilateral RI-Australia

Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah hal prioritas yang perlu dilakukan Indonesia dengan Australia secara bersama-sama dalam meningkatkan hubungan bilateral dan perekonomian kedua negara.

"Terima kasih Perdana Menteri (PM) Albanese atas sambutan hangat dan kami senang dapat berkunjung kembali ke Australia. Sejak Annual Leaders Meeting tahun lalu di Bogor, telah banyak perkembangan positif dan terima kasih untuk komitmen-komitmennya," kata Jokowi dalam pernyataan pers bersama dengan PM Albanese di Australia, Selasa, sebagaimana disaksikan melalui tayangan video YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta.

Selengkapnya baca disini

4. PDIP tegaskan Jokowi tak dukung Prabowo pada Pemilu 2024

PDI Perjuangan menegaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak memberikan dukungannya kepada bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto pada Rakerda DPD PDI PDI Perjuangan Sumatera Barat, Selasa.

Selengkapnya baca disini

5. Bamsoet imbau program terkait SPBE terintegrasi secara nasional

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengimbau Pemerintah agar memastikan program-program yang ada dalam kerangka pengembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) terintegrasi secara nasional.

"Setiap program yang dilakukan dalam kerangka pengembangan SPBE selayaknya termanifestasikan menjadi sebuah program nasional yang terintegrasi dan saling terhubung dalam dunia maya," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca disini

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023