Kediri (ANTARA) - Para petani yang tergabung dalam "Petani Kediri Bersatu" di Kota Kediri, Jawa Timur, mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar untuk maju dalam Pilpres 2024

Irham Maulana, salah seorang peserta deklarasi mengatakan dukungan ini diberikan karena yakin partai tersebut bisa membawa perubahan untuk para petani, terutama di Kelurahan Lirboyo, Kota Kediri.

"Kami bersama petani se-Kediri, khususnya Kelurahan Lirboyo, Kediri, mendeklarasikan dukungan untuk Cak Imin maju sebagai calon Presiden. Keinginan, harapannya mengerti kami yang hidup menggantungkan dari petani," katanya di Kediri, Rabu.

Pihaknya mengatakan, sosok Cak Imin di mata petani mempunyai perhatian. Dengan pemahaman politiknya, diharapkan bisa menyampaikan aspirasi dari para petani.

"Sosoknya berkomitmen mendukung petani di Indonesia. Dengan kemajuan (pertanian) yang ada dan pemahaman politik, kami ingin nanti bisa dilatih sehingga jadi petani profesional," ujar dia.

Sementara itu, terkait dengan keluhan petani sekarang ini, Irham mengatakan yang dirasakan adalah kesulitan mencari pupuk bersubsidi.

Para petani merasa dipersulit mencari pupuk bersubsidi, padahal itu sangat penting untuk kebutuhan petani.

Karena sulit mencari pupuk bersubsidi, akhirnya mau tidak mau harus mencari pupuk nonsubsidi yang harganya jauh lebih mahal ketimbang harga yang nonsubsidi.
"Yang kami rasakan susah mencari pupuk bersubsidi. Pupuk dipersulit, sehingga susah mendapatkannya dan harus beli yang nonsubsidi dan harganya lebih dari hasil panen kami," kata dia.

Sosok Cak Imin, kata Irham dinilainya sebagai orang yang berkomitmen mendukung para petani di Indonesia. Dengan pemahaman politik, semoga nantinya bisa melatih kami menjadi petani profesional, lebih perhatian ke petani.

"Mudah-mudahan Cak Imin bisa mengerti kami yang hidup menggantungkan diri sebagai petani. Harapan penuh diberikan, semoga kami jadi lebih maju, makmur dan sejahtera," kata dia.

Deklarasi itu digelar di Kecamatan Lirboyo, Kota Kediri. Para petani juga membawa berbagai macam peralatan bertani seperti cangkul hingga traktor.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menargetkan suara minimal 30 persen di Jawa Timur, pada Pemilu 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Menurut dia, target kemenangan tersebut dinilai cukup realistis, karena dari survei yang dilakukan, PKB Jatim saat ini memiliki elektabilitas 24 persen.

Dia juga optimistis PKB di Jawa Timur nantinya bisa menang mutlak, minimal 30 persen tersebut.

Untuk meraih target tersebut, PKB merekrut calon legislatif yang diharapkan mampu mendongkrak suara.

Untuk meraih suara nasional, PKB juga mempersiapkan sejumlah kader yang berlatar belakang artis. Popularitas artis diharapkan akan mendongkrak perolehan suara.
 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023