Jambi (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi menjadikan kawasan wisata Kampung Laut di Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai percontohan program ekosistem keuangan inklusif (EKI) guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan setempat.

Kepala OJK Provinsi Jambi Yudha Nugraha Kurata di Jambi, Rabu, mengatakan program ini merupakan kolaborasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai produk jasa keuangan.

"Hasil survei menunjukkan bahwa tingkat literasi dan inklusi keuangan di perdesaan masih rendah dibandingkan perkotaan, semangat tersebut yang membuat kita menjadikan kawasan wisata Kampung Laut untuk program EKI ini selain itu TPAKD Tanjab Timur juga dengan cepat menyambut program ini untuk dilakukan di daerah mereka," katanya.

Pada tahun 2022 tingkat literasi keuangan di kawasan perkotaan di Jambi sebesar 46,11 persen dan di perdesaan sebesar 45,87 persen. Sementara itu, tingkat inklusi keuangan di perkotaan sebesar 84,43 persen dan inklusi keuangan sebesar 85,78 persen.

Yudha mengatakan generic model EKI menjadi upaya meningkatkan akses keuangan di daerah tersebut dengan beberapa tahapan mulai dari pra inkubasi, tahapan inkubasi hingga pasca inkubasi.

Pada proses pra inkubasi, OJK menggandeng mahasiswa setempat melakukan sosialisasi, maping kondisi keuangan yang ada di daerah itu dan survei.

Dari pra inkubasi diperoleh data bahwa terdapat 10.661 warga dari tiga kelurahan di kawasan tersebut, baru terdapat 1.329 rekening tabungan, 8 rekening deposito dan 61 rekening giro. Sementara itu, untuk rekening simpanan pelajar mencapai 219 rekening.

Untuk penyaluran KUR mikro dengan plafon hingga Rp50 juta baru sebanyak 31 debitur sedangkan KUR Super mikro belum terdapat. Penyaluran kredit ultra mikro mencapai 983 debitur dan jumlah agen laku pandai sebanyak 19 agen.

Selain itu masyarakat yang mengikuti asuransi BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka menuntaskan kemiskinan ekstrem masih terkonsentrasi pada beberapa wilayah dan belum merata.

Selanjutnya melalui proses inkubasi yang dilakukan pada rentang waktu 3 bulan hingga 6 bulan melibatkan 7 industri jasa keuangan yang ada di Jambi.

Seluruh industri keuangan yang terlibat akan mendampingi selama proses tersebut, Masyarakat dan juga pelaku UMKM setempat mendapatkan edukasi hingga program pemberdayaan melalui kredit ultra mikro.

"Mereka memberikan edukasi tentang mengelola keuangan mengajukan permodalan dan mekanisme pinjaman yang tepat untuk usaha seperti apa ini proses inkubasi dilakukan yang penting itu peningkatan literasi dan pemahaman terhadap jenis-jenis produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan. Harapan kami seluruh masyarakat di daerah itu bisa mengakses tidak saja tabungan, tapi produk jasa keuangan lainnya," kata dia.

Setelah proses inkubasi itu, industri keuangan bisa membantu masyarakat dan UMKM untuk mendapatkan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan seperti penambahan modal usaha bagi UMKM setelah mengetahui metode pengelolaan keuangan yang bener.

Upaya ini, kata dia akan memperbanyak jumlah agen laku pandai di perdesaan sehingga mempermudah akses masyarakat untuk jasa keuangan.


Baca juga: OJK minta warga Jambi waspadai maraknya tawaran pinjaman online ilegal

Baca juga: OJK Jambi: Gen Z berperan besar tingkatkan literasi keuangan

Pewarta: Tuyani
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023