Jakarta (ANTARA News) - Album Bruno Mars "Unorthodox Jukebox" berhasil menduduki peringkat satu tangga album Billboard 200, untuk pertama kalinya.

Menurut penghitungan Nielsen SoundScan, album dengan single "Locked Out of Heaven", yang dirilis tahun lalu ini terjual sebanyak 95 ribu kopi pekan lalu, demikian seperti yang diberitakan Reuters.

Menurut majalah Billboard, sebanyak 64 ribu unit album digital Bruno Mars terjual setelah Amazon.com MP3 menggelar diskon sehari, dengan harga 1,99 dolar AS.

Diskon di Amazon itu juga mendongkrak penjualan album milik duo hip-hop Macklemore & Ryan Lewis "The Heist". "The Heist" naik tajam dari posisi 16 ke nomor 4.

Sementara itu, debut album milik Atoms for Peace, "Amok", berada di bawah Mars dengan penjualan 50 ribu kopi. Atoms for Peace merupakan band bentukan frontman Radiohead, Thom Yorke.

Peraih Grammy Mumford & Sons jatuh dari posisi puncak ke nomor tiga. Album "Zion" milik band asal Australia Hillsong United berada di posisi kelima dengan penjualan 34 ribu unit.

Tiga dari empat album teratas di Billboard, didistribusikan oleh label independen. Menurut Billboard, ini pertama kali terjadi setelah Nielsen SoundScan menelusuri penjualan album sejak 1991.

Alternative Distribution Alliance mendistribusikan album Atoms for Peace dan duo Macklemore & Ryan Lewis, sedangkan "Babel" milik Mumford & Sons didistribusikan oleh RED Distribution.

(nta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013