Dampak peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan delapan kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada 6-7 Juli 2023 , sehingga semua pihak diimbau waspada.

"Dampak peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Ilham Rosihan Fachturoni, di Balikpapan, Rabu.

Delapan daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa itu adalah Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, Berau, dan Paser, sedangkan dua kota lainnya yakni Samarinda dan Bontang hanya hujan ringan.

Rinciannya antara lain hujan disertai petir di Balikpapan berpotensi terjadi pada Kamis sekitar pukul 20.00 WITA di Kecamatan Balikpapan Timur, kemudian Jumat dini hari terjadi di semua kecamatan di Balikpapan.

Kabupaten Kutai Barat hujan petir pada Kamis pukul 17.00 WITA di lima kecamatan yakni Sendawar, Long Iram, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, dan Tering. Sekira pukul 20.00 hujan petir terjadi di sembilan kecamatan yakni Sendawar, Damai, Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, dan Tering.

Baca juga: BMKG prakirakan Kalimantan Timur masih hujan pada 1-10 Juli

Sementara pukul 23.00 WITA hujan lebat hingga hujan disertai petir terjadi di hampir semua kecamatan, kecuali Kecamatan Penyinggahan yang hanya hujan ringan.

"Kemudian pada Jumat dini hari sekira pukul 02.00 WITA, hujan disertai petir diprakirakan terjadi di empat kecamatan yakni Kecamatan Bentian Besar, Long Iram, Linggang Bigung, dan Siluq Ngurai, sedangkan semua kecamatan lainnya hujan ringan," katanya.

Di Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan mulai Kamis pukul 17.00 WITA hingga Jumat dini hari sekira pukul 02.00 WITA.

"Kabupaten Kutai Timur hujan disertai petir pada Kamis sekira pukul 17.00 WITA di Kecamatan Muara Ancalong, pukul 20.00 WITA di Kecematan Kongbeng, Muara Wahau, Bengalon, Busang, Rantau Pulung, Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, pukul 23.00 WITA di Kecamatan Kaliorang, Sangkulirang dan Kaubun," kata Ilham.

Baca juga: BMKG prakirakan 4 kabupaten di Kaltim alami hujan lebat besok

 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023