Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) serta Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (KAFEGAMA) menggelar PKT Gadjah Mada Business Case Competition (PKT-GAMA BCC) 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi talenta-talenta pemimpin masa depan Indonesia di era digital, khususnya dalam mencapai keberlanjutan di bidang agribisnis melalui penerapan praktik Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environmental, Social, and Governance/ESG) yang tepat.

"Sesuai dengan tema Agribusiness Sustainability Through ESG Development di ajang PKT-GAMA BCC tahun ini, kami ingin menyuarakan pentingnya berbagi inovasi bisnis yang tidak hanya mementingkan keuntungan semata, tetapi juga perlu memperhatikan faktor keberlanjutan lingkungan," ucap Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi dalam acara Pembukaan PKT-GAMA BCC 2023 di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut, kata dia, dengan semangat yang sama yang telah dirintis PKT lewat penerapan berbagai prinsip ESG yang tepat, yang sudah memberikan banyak dampak positif bagi perusahaan, baik dari sisi pelestarian lingkungan hidup maupun capaian kinerja yang baik.

Maka dari itu, diharapkan semangat PKT sebagai pelopor transformasi hijau di industri petrokimia bisa memotivasi generasi muda pada ajang ini, sehingga kelak bisa melahirkan lebih banyak lagi inovator industri masa depan dalam meningkatkan efektivitas maupun efisiensi dari berbagai proses industri.

PKT-GAMA BCC tahun 2023 kali ini merupakan edisi kedua setelah sukses diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2022. Pada tahun ini, tema Agribusiness Sustainability through ESG Development diangkat untuk menjawab tren bisnis keberlanjutan yang saat ini sedang digaungkan banyak pihak, tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia.

PKT-GAMA BCC 2023 diselenggarakan dalam rangka menghasilkan pemimpin yang inovatif dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan bisnis di era digital saat ini. Mahasiswa yang berpartisipasi dalam kompetisi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dan dampak yang nyata bagi masyarakat, serta dapat membangun kedekatan atau perikatan (engagement) dengan industri melalui kasus bisnis yang disediakan.

Panitia mengundang segenap mahasiswa terbaik D4/S1 dan S2 di Indonesia untuk ikut berpartisipasi di dalam kompetisi ini guna mengasah keterampilan serta bisa menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 10 Juli 2023

Adapun akan terdapat berbagai sesi dan program untuk melengkapi peserta, salah satunya workshop pelatihan Bahasa Inggris, yang menjadi sangat penting dalam menyongsong GAMA BCC 2024 yang akan diadakan pada level internasional tingkat Asia dengan mengundang peserta dari berbagai kampus terbaik di Asia dan diselenggarakan sepenuhnya dalam Bahasa Inggris.

Hingga 5 Juli 2023, terdata jumlah peserta dari S1 sebanyak 137 tim dan S2 sebanyak 50 tim dari target hingga penutupan pendaftaran meliputi peserta S1 sebanyak 150 tim dan S2 sebanyak 55 tim yang berasal dari seluruh universitas di Indonesia.

Para juri dalam Grand Final PKT-GAMA BCC 2023 ini yaitu Perry Warjiyo (Gubernur Bank Indonesia), Erick Thohir (Menteri BUMN), Rahmad Pribadi (Direktur Utama Pupuk Kaltim), Yohanes Sugihtononugroho (Founder/CEO Crowde), Edwin Hidayat Abdullah (VP Director Indonesia Aviation and Tourism Holding Co), dan David Setyadi Gunawan (Founder/CEO Eden Farm).

Kompetisi ini akan ditutup pada babak Grand Final pada 21 Agustus 2023 dengan memperebutkan hadiah senilai total Rp113 juta.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023