Haikou (ANTARA) - Total pendapatan dari penjualan toko-toko bebas bea lepas pantai di Provinsi Hainan, pulau di China selatan, mencapai 32,4 miliar yuan (1 yuan = Rp2.082) selama paruh pertama (H1) 2023 atau mencatat pertumbuhan 31 persen secara tahunan (year on year/yoy), otoritas setempat mengungkapkan.

Dari total pendapatan penjualan itu, menurut data yang dirilis oleh Departemen Perdagangan Provinsi Hainan, nilai penjualan bebas bea tercatat 26,48 miliar yuan, naik 26 persen (yoy).

Selama periode tersebut, total pembelanja produk bebas bea di Hainan mencapai 5,17 juta, melonjak 34 persen (yoy), dan lebih dari 25,68 juta produk bebas bea telah terjual.

Sejak awal tahun ini, Hainan telah mendistribusikan voucer konsumen senilai hampir 200 juta yuan serta memberi dukungan penuh terhadap belanja bebas bea lepas pantai dan wisata budaya demi menggenjot pemulihan yang cepat maupun perluasan pasar konsumennya.

Provinsi itu meluncurkan sebuah festival belanja bebas bea lepas pantai internasional pada Selasa (4/7).

Dalam dua bulan mendatang, lebih dari 30 acara promosi yang beragam akan diadakan di seantero Hainan.

China merilis rencana induk pada Juni 2020 untuk membangun Hainan menjadi pelabuhan perdagangan bebas tingkat tinggi yang berpengaruh secara global pada pertengahan abad ini. Dalam beberapa tahun terakhir, provinsi pulau itu telah menjadi destinasi belanja yang menarik bagi konsumen dalam negeri.

Melalui upaya bertahun-tahun untuk mendongkrak sektor belanja dan pariwisata lokal, Hainan kini memiliki 12 toko bebas bea lepas pantai.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023