Sentani (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak setiap pengunjung Festival Danau Sentani (FDS), Kabupaten Jayapura, Papua untuk membeli produk kreatif lokal guna menggerakkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

"Jangan hanya datang untuk menikmati keindahan alam dan juga keragaman budaya tetapi juga harus menggerakkan ekonomi lokal dengan membeli produk-produk kreatif lokal dari masyarakat di Kabupaten Jayapura," katanya di sela pembukaan FDS XIII 2023 di Sentani, Rabu.

Ia meminta agar para pengunjung bisa kembali pulang membawa barang belanja produk lokal bukan tidak tidak apa-apa karena jika UMKM bergerak maka lapangan pekerjaan akan terbuka.

Baca juga: Sebanyak 250 penari bawakan tari Isosolo di atas perahu pada FDS XIII

"Jadilah rombongan yang jajan dan beli-beli produk ekonomi kreatif bukan menjadi rombongan yang hanya lihat-lihat," ujarnya.

Ia menjelaskan jika UMKM bergerak dan lapangan pekerjaan terbuka maka pastinya kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

"Inilah harapan kami agar UMKM lebih berkembang sehingga berdampak untuk kesejahteraan warga," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga meminta semua pihak dapat berkolaborasi untuk menggarap semua potensi yang ada guna mendatangkan pemasukan, keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Disparekraf Jayapura sebut FDS 2023 momen pulihkan ekonomi masyarakat

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023