Hasil di atas kertas dalam sesi latihan bukan menjadi tolok ukur...
Semarang (ANTARA News) - Pebalap nasional asal Solo Rio Haryanto menempati posisi ke-21 pada hari kedua latihan resmi pramusim GP2 Series di Barcelona, Spanyol.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, dalam emailnya yang diterima Antara, Kamis, menyebutkan, Rio yang tergabung dalam tim Addax Barwa menyentuh garis akhir dengan catatan waktu satu menit 54,662 detik (1:54.662).

Posisi pertama ditempati Johnny Cecotto dari tim Arden International dengan catatan waktu 1:52.781, disusul James Calado dari tim ART Grand Prix 1:52.878, sedangkan ketiga ditempati Felipie Nasr (Carlin) dengan catatan waktu 1:52.892.

Pada hari pertama, sesi pagi mobil balap Rio sempat menabrak ban pembatas pada putaran pertama sehingga tidak bisa melanjutkan perlombaan tetapi kembali bisa berlomba pada sesi sore hari dan mencapai garis akhir dengan catatan waktu 1:31.629.

Mengenia hasil latihan itu, Rio Haryanto mengatakan, jaraknya dengan yang tercepat memang terpaut jauh tetapi yang terpenting adalah mencari penyebabnya.

"Hasil di atas kertas dalam sesi latihan bukan menjadi tolok ukur, justru yang penting adalah menghadapi kemungkinan -kemungkinan ke depan," kata pebalap berusia 20 tahun tersebut.

Menurut Rio Haryanto, harapan menjadi yang tercepat memang menjadi tujuannya tetapi seandainya bisa menjadi yang tercepat juga akan menganalisa penyebabnya.

"Menganalisa dan mencari penyebab adalah proses dalam motorsport dan GP2 ini salah satu proses yang menarik," kata Rio Haryanto.

Sesi pembuka GP2 Series 2013 akan berlangsung di Sirkuit Sepang Malaysia (22-24 Maret mendatang).

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013