Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) pimpinan Roy BB Janis resmi bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) yang secara simbolis ditandai dengan penerimaan sejumlah pengurus PDP di Rumah PAN Jakarta, Kamis.

Selain itu, dilakukan juga penyematan jaket PAN secara simbolis kepada sejumlah petinggi PDP, diantaranya Sekretaris Jenderal PDP Didik Supriyanto dan Bendahara PDP Noviantika Nasution.

"Kekuatan PDP dan PAN ini kami harapkan akan semakin menggelora di seluruh wilayah dan akan eksis ke depan dalam membangun yang lebih baik ke depan," kata Sekretaris Jenderal PAN Taufik Kurniawan saat menyambut kedatangan para petinggi PDP di Rumah PAN.

Taufik mengatakan, minggu lalu sesungguhnya sudah ada pertemuan awal untuk menjajaki bergabungnya PDP ke PAN, termasuk mendiskusikan kesamaan visi, misi, dan platform partai dalam perjuangan bersama pada Pemilu 2014.

Selain Taufik, juga hadir Ketua DPP Bara Hasibuan dan fungsionaris PAN Andi Yuliani Paris.  

"Kami menerima secara resmi dan menyambut kedatangan saudara-saudara kami yang baru, tokoh-tokoh dari PDP," kata Bara.

Sementara Didik memaparkan lima alasan utama PDP bergabung ke PAN, diantaranya kesamaan ideologi politik yaitu Pancasila dan PAN sebagai partai reformasi yang lahir pada era reformasi yang sejalan dengan PDP.

Didik menilai penggabungan ini akan semakin menguatkan upaya PAN memeroleh dua digit dalam Pemilu 2014.

PAN setidaknya sudah memiliki 8 persen jika berkaca pada hasil Pemilu 2009 dengan bergabungnya sejumlah partai seperti Partai Bintang Reformasi dan Partai Matahari Bangsa.

PDP sendiri memiliki 159 kursi DPRD yang tersebar di sejumlah daerah.

"Kami sangat mencermati, sangat memperhitungkan, dan dari segala aspek maka akhirnya kami memutuskan PAN tempat berlabuhnya PDP, karena PDP sendiri sudah dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2014 oleh KPU," kata Didik. (*)
 
 

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013