Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah poster ajakan mengikuti turnamen sepak bola se-Jawa Timur beredar di sosial media seperti WhatsApp dan Facebook.

Dalam poster tersebut, diklaim dibuat oleh Sekolah Sepak Bola (SSB) Surabaya dan pemenang pertandingan akan mendapatkan piala wali kota dan ketua DPRD Surabaya.

Peserta juga diwajibkan membayar Rp750 ribu per tim dan pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai, piala dan piagam. Dalam poster tersebut juga disertai nomor telpon untuk informasi pendaftaran dan nomor rekening.

Namun, benarkah informasi turnamen sepakbola se-Jatim tersebut?

 

Poster hoaks yang menarasikan event Turnamen antar Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Jatim. Faktanya, Pemerintah Kota Surabaya menegaskan poster event Turnamen antar Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Jatim adalah tidak benar alias hoaks. (Facebook)
Penjelasan:

Pemerintah Kota Surabaya menegaskan poster event Turnamen antar Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Jatim memperebutkan Piala Wali Kota dan Ketua DPRD setempat yang kini beredar di media sosial adalah tidak benar alias hoaks.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya, M Fikser, mengatakan poster dengan latar belakang warna merah dan putih, yang menyertakan foto Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono itu telah disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Poster itu saya pastikan tidak benar alias hoaks. Pemkot Surabaya tidak menggelar acara tersebut. Poster itu adalah ulah orang yang tidak bertanggung jawab," katanya, dilansir dari ANTARA.

Fikser menjelaskan, sejauh ini, setiap gelaran olahraga yang diadakan oleh Pemkot Surabaya tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab, Pemkot Surabaya sedang fokus pada pembibitan atlet-atlet muda di Kota Pahlawan tersebut. 

Klaim: Poster turnamen sepakbola se-Jawa Timur

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Poster pendaftaran nikah gratis di Surabaya

Cek fakta: Hoaks! Poster terbaru wajah penculik anak

Baca juga: Upaya Surabaya jadi kota layak anak paripurna

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023