Secara internal keluarga melahirkan generasi yang sehat. Secara eksternal keluarga menumbuhkan masyarakat dan negara yang hebat
Banyuasin (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan bahwa keluarga adalah miniatur atau unit terkecil masyarakat yang ikut menentukan kehebatan sebuah bangsa.

“Secara internal keluarga melahirkan generasi yang sehat. Secara eksternal keluarga menumbuhkan masyarakat dan negara yang hebat. Masyarakat dan bangsa ini tergantung keluarga,” kata Wapres dalam sambutannya pada acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 Tahun 2023 di Banyuasin, Sumatra Selatan, Kamis.

Wapres menyampaikan keluarga adalah miniatur atau gambaran unit terkecil dari masyarakat. Maka keluarga yang baik dan hebat, lanjutnya, akan menciptakan masyarakat yang baik dan hebat pula.

“Karena itu kita (pemerintah) harapkan keluarga Indonesia harus menjadi keluarga yang hebat, agar bangsa kita menjadi bangsa yang hebat,” kata Wapres Ma'ruf Amin.

Pada puncak peringatan Harganas  ke-30 Wapres berpesan kepada seluruh keluarga Indonesia untuk terus memperkokoh peranan keluarga dalam mencetak generasi pemuda penerus yang bebas stunting (kekerdilan) baik secara fisik, mental, maupun kehidupan.

Baca juga: Hari Keluarga Nasional momentum galang komitmen bebas stunting

Dia mengatakan pemuda hebat tumbuh dari anak-anak yang diasuh dan dididik oleh keluarga yang kuat.

“Kita ingat Presiden Soekarno pernah berujar ‘beri aku 10 pemuda niscaya akan aku guncang dunia’. Saya pun meyakini generasi muda Indonesia mampu menghasilkan karya dan prestasi yang mengguncang dunia. Kelak mereka akan menjadi generasi yang mampu mengguncang dunia, seperti yang diucapkan Presiden pertama Soekarno,” kata Wapres.

Pada acara tersebut Wapres juga menyerahkan anugerah Tanda Penghargaan Satyalencana Pembangunan kepada Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru, sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 43/TK/Tahun 2023, atas jasa-jasanya terhadap negara dan masyarakat dalam lapangan pembangunan negara pada umumnya, atau dalam lapangan pembangunan sesuatu bidang tertentu pada khususnya.

Wapres juga menyerahkan anugerah Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya, sebagaimana Keppres Nomor 44/TK/Tahun 2023, kepada puluhan kepala daerah dan tokoh penerima, diantaranya Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam memberikan dharma bhakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia, sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

Baca juga: Keluarga berkualitas modal utama RI bersaing di kancah internasional
Baca juga: Wapres: Keluarga berperan penting dalam penerapan protokol kesehatan

 

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023