Banyak keluarga pasien dari luar kota kebingungan mencari tempat menginap
Kudus (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, menyediakan tempat penginapan dengan biaya sewa cukup murah yang diperuntukkan baik untuk keluarga pasien maupun mahasiswa maupun pelajar yang menjalani praktik kerja.

"Kami memiliki gedung tiga lantai dengan jumlah kamar ada 27 unit. Sedangkan yang kami siapkan untuk sementara ini khusus lantai satu dengan jumlah sembilan kamar," kata Pelaksana tugas Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus Mustiko Wibowo ditemui usai peresmian "Wisma Parijotho" di Kudus, Kamis.

Ketika peminatnya bertambah, kata dia, akan ditambah lagi dengan kamar yang berada di lantai dua hingga lantai tiga.

Sementara tarif sewa per pekannya, imbuh dia, sebesar Rp125 ribu per orang dengan fasilitas tiga tempat tidur, almari, televisi, kamar mandi dalam, hingga mesin cuci.

Baca juga: RSUD Loekmono Hadi Kudus siap layani wisata medis

Baca juga: RSUD Kudus siapkan poliklinik tumbuh kembang anak tekan kekerdilan


Mustiko menjelaskan penyediaan fasilitas tempat penginapan di "Wisma Parijotho" ini merupakan bentuk peningkatan kualitas pelayanan, salah satunya terkait tempat penginapan bagi pasien dari luar kota.

"Sebelumnya kami memang mendapatkan masukan, banyak keluarga pasien yang berasal dari luar kota kebingungan mencari tempat menginap ketika sedang menunggu jadwal operasi," ujarnya.

Terlebih lagi, kata dia, pasien di RSUD Kudus tidak hanya didominasi warga Kudus, melainkan banyak pasien yang berasal dari kabupaten tetangga.

Selain tersedia tempat penginapan murah, pihaknya juga menyiapkan kantin yang letaknya bersebelahan dengan tempat penginapan. Di kantin Gusjigang saat ini ada lima kios yang menawarkan menu makanan yang beragam.

"Kami berharap fasilitas yang kami sediakan ini dapat semakin meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus," ujarnya. 

Baca juga: RSUD Kudus segera buka layanan kateterisasi jantung pasien JKN-KIS

Baca juga: PR Sukun bantu perbaikan laboratorium biomolekuler RSUD Kudus

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023