Kopenhagen (ANTARA) - Direktur Regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Eropa Dr. Hans Kluge pada Rabu (5/7) menegaskan bahwa terdapat tiga ancaman terhadap kesehatan yang harus segera diatasi, yaitu perubahan iklim, polusi, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Dalam Konferensi Tingkat Menteri ke-7 tentang Lingkungan dan Kesehatan di Budapest, Hongaria, Kluge menekankan bahwa sekitar 1,4 juta kematian setiap tahunnya di kawasan Eropa berkaitan dengan faktor risiko lingkungan, dan hampir separuhnya disebabkan oleh polusi udara.

Menurut Kluge, musim panas lalu merupakan "musim panas terpanas yang pernah tercatat di Eropa," dan lebih dari 20.000 orang meninggal dunia akibat cuaca panas yang ekstrem.
 
 
     


"Kita bergerak terlalu lambat, dan itu sangat mengancam kemampuan kita untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada 2030 nanti," tegasnya, seraya menambahkan bahwa 77 juta orang di kawasan itu masih kekurangan akses ke air minum yang aman.

"Pemerintah perlu mengambil tindakan. Para mitra perlu mengambil tindakan. Kita semua sebagai individu perlu mengambil tindakan," katanya menambahkan.
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023