Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua bersama rumah sakit umum daerah (RSUD) menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat di lokasi Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2023.

"Pemeriksaan kesehatan yang disediakan Dinkes-RSUD di lokasi Festival BMW terbuka untuk masyarakat umum dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis," kata Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Nathaniel Duwiri di Biak, Kamis.

Ia menyebut layanan kesehatan diberikan tim medis gabungan dari Dinkes-RSUD Biak berupa pemeriksaan rutin tekanan darah, jantung, penyakit tidak menular, serta konsultasi kesehatan.

Baca juga: RSUD Biak siagakan tenaga medis layani wisatawan di Festival BMW

Daud berharap masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dapat memanfaatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan yang disediakan Dinkes-RSUD selama ajang kegiatan Festival BMW pada 1-8 Juli 2023.

"Memeriksa kesehatan secara rutin bagian dari kepedulian warga melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat," kata Daud Duwiri.

Beberapa penyakit tidak menular yang menjadi perhatian dinas kesehatan untuk dicegah, seperti paru kronik, kanker, kolesterol, diabetes, jantung dan stroke.

Daud menyebut menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal penting bagi kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik di masa yang akan datang.

Dengan demikian, lanjut dia, tubuh akan bisa terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Terapkan kebiasaan perilaku hidup sehat dan bersih di kehidupan sehari-hari serta rutin berolahraga untuk mencegah penyakit tidak menular," kata Daud Duwiri.

Baca juga: Festival BMW siapkan atraksi budaya tangkap ikan snapmor

Baca juga: Biak sediakan 8 ton ikan untuk makan gratis di festival BMW

Pewarta: Muhsidin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023