Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Tim nasional sepak bola Thailand sukses menaklukkan Filipina dengan skor telak 6-0 pada penyisihan Grup C Piala AFF U-10 Putri 2023 di Arena Atletik Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis malam.

Pelatih Kepala Timnas Putri Thailand Sawin Jaraspetcharanan usai pertandingan mengatakan keberhasilan meraih poin penuh pada pertandingan malam ini tak lepas dari analisis atas permainan tim lawan sebelumnya.

Menurut dia, mempelajari gaya bermain tim lawan cukup penting, apalagi timnas putri Filipina pada kejuaraan tahun ini merupakan tim tangguh yang punya kans untuk juara.

The Young Matildas –julukan Filipina- dinilai dilengkapi dengan komposisi pemain merata baik dan memiliki postur tubuh tinggi dan bermain cepat.

Namun, Sawin menyebutkan berkat persiapan yang matang ditopang dengan analisis yang tajam, timnya pun berhasil meredam tim lawan.

Baca juga: Timnas putri Vietnam pesta gol atas Singapura di Piala AFF U-19 2023

Tak tanggung, Supapron Intaraparasit dan kawan-kawan mampu menyarangkan enam gol tanpa balas ke gawang Filipina yang dijaga Tan Alexis Louise.

Keenam gol kemenangan Thailand itu dicetak oleh, Kantisa Inchamnan (17’), Natcha Kaewanta (19’), Jeena Thongpan (75’ Penalti), Anaphon Amanpong (82), Rinyaphat Moondong (84’ Penalti), dan Thanchanok Jansri (83’).

“Kami berharap pertandingan selanjutnya bisa lebih baik lagi, yang penting para pemain gembira bermain tanpa beban,” kata dia.

Sementara itu, Asisten Pelatih Timnas Putri Filipina Marielle Graciela mengakui keunggulan dari Thailand yang bermain lebih baik.

Dia mengatakan banyak pelajaran yang mereka dapatkan usai pertandingan malam ini untuk jadi pelajaran jangan sampai terulang selanjutnya.

“Kami harus maksimal saat menghadapi Myanmar pada babak penyisihan grup C nanti,” katanya.

Baca juga: Timnas putri Indonesia lumat Timor Leste 7-0 pada Piala AFF U-19 2023
Baca juga: Timnas putri Kamboja kalahkan Laos 2-1 pada AFF U-19 2023


Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023