Depok (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka SEKAR Kalpavriksha Universitas Indonesia (UI) ambil bagian sebagai juri dan panitia dalam Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT V) 2023.

"Saya merasa senang terlibat sebagai juri dalam LT V ini. Pengalaman terlibat dalam kegiatan nasional ini akan bermanfaat bagi pengembangan kegiatan Pramuka UI ke depannya," kata Wakil Ketua UKM Pramuka UI Erfito di Kampus UI Depok, Jumat.

Tiga anggota UKM Pramuka UI yang berperan sebagai juri tersebut adalah Erfito Shulhan (FT 2022) juri lomba senam dan lomba halang rintang, Intan Ayu (FIB 2020) juri lomba peta pita, lomba senam, dan hasta karya, serta Faza Fahimatul (FMIPA 2021) juri lomba menaksir, pidato, serta lomba baris berbaris tongkat.

UKM Pramuka UI terpilih sebagai juri dan panitia setelah melalui proses seleksi ketat yang meliputi seleksi administrasi, uji kompetensi, dan kecakapan Pramuka Pandega perguruan tinggi.

Seleksi ini menguji kesesuaian kompetensi yang dimiliki para juri dalam menilai berbagai keterampilan kepramukaan yang menjadi mata lomba dalam LT V tahun 2023.

Baca juga: Mahasiswa UI wakili RI pada forum pramuka internasional di Hongkong

Sedangkan Muhammad Ulumudin (FIA 2021) berperan sebagai panitia bidang Waslitev atau pengawas, penelitian, dan evaluasi LT V tahun 2023. Tugas panitia bidang ini antara lain melakukan evaluasi terhadap jalannya kegiatan, meliputi kegiatan lomba, non lomba, pendampingan, dan sarana prasarana kegiatan termasuk menyebarkan kuesioner kepada peserta.

Perlombaan ini diadakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Indonesia setiap lima tahun sekali bagi Penggalang. LT V tahun ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata, Cibubur.

Tema yang diusung pada LT V tahun ini ialah TANGGUH (Tangkas, Guyub, Unggul dan Harmonis). Peserta kegiatan berasal dari Regu Penggalang perwakilan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka se-Indonesia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 32 Regu Penggalang Putra dan 32 Regu Penggalang Putri dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Guru Besar UI: Gerakan pramuka efektif untuk bentuk karakter positif
 
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023