Bu Mega selalu menegaskan pentingnya merawat lingkungan dan kehidupan.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan pesan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menghijaukan lahan kosong dengan menanam pohon ketika jalan-jalan di Hutan Kota Munjul, Jakarta Timur, Jumat.

"Kalau tanah-tanah milik negara kosong, dihijaukan saja. Itu juga sesuai dengan perintah Ibu Megawati," ujar Hasto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Perjalanan tersebut dia tempuh usai merayakan ulang tahun yang ke-57 dengan menebar bibit ikan di Hutan Kota Munjul, Jakarta Timur, Jumat. Dalam agenda ini, Hasto menebar 7 bungkus berisi sekitar 1.400 ekor benih ikan emas.

"Merawat dan menjaga kehidupan adalah tugas setiap umat manusia, semoga ikan-ikan ini hidup dengan baik," ucap Hasto saat menebar benih ikan.

Hutan Kota Munjul merupakan salah satu hutan kota di bawah naungan Pemprov DKI Jakarta yang berada di Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Hutan Kota Munjul memiliki fungsi utama sebagai hutan kota konservasi dan juga berfungsi sebagai kawasan resapan air.

Hadir menemani Hasto, antara lain, Kepala Sekretariat DPP PDI Perjuangan Yoseph Aryo Adhi Dharmo, Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur Dwi Rio Sambodo, dan jajaran PDI Perjuangan Jaktim, termasuk Ketua PAC Cipayung Alfonsus Rudy dan caleg Pilian Hutasoit.

Para petugas dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta yang menjaga taman tersebut juga turut hadir.

Di akhir kegiatan, Hasto bersama yang hadir lalu meneriakkan salam rimba lestari.

"Salam Rimba, lestari," ujarnya sambil mengepalkan tangan.

Hasto tercatat selalu merayakan ulang tahunnya dengan sederhana. Selain pernah merayakan dengan naik gunung, Hasto beberapa kali merayakan ulang tahun dengan menebar benih ikan.

Pada tahun lalu, Hasto menebar 100.000 bibit ikan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

"Selama ini, saya jarang sekali merayakan ulang tahun. Selain itu, juga jarang ada perayaan potong tumpeng dan tiup lilin," kata Hasto.

Hasto mengaplikasikan kebijakan yang diterapkan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Bu Mega selalu menegaskan pentingnya merawat lingkungan dan kehidupan. Oleh karena itu, PDI Perjuangan memiliki program Merawat Pertiwi," ucap pria asal Yogyakarta itu.

Baca juga: PDIP: Ganjar dan pasangan harus mampu pikul tanggung jawab besar
Baca juga: Hasto: Pertemuan elite politik di Tanah Suci baik bagi iklim demokrasi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023