Yogyakarta (ANTARA) - Dokter pribadi Emha Ainun Nadjib, Eddy Supriyadi memastikan kondisi kesehatan budayawan yang akrab disapa Cak Nun itu sudah membaik, namun masih butuh istirahat di rumah sakit.

"Alhamdulillah, kondisi CN (Cak Nun) hari ini membaik. Masih butuh istirahat di rumah sakit," kata Eddy melalui pesan singkat diterima di Yogyakarta, Jumat.

Eddy memohon doa untuk kesembuhan pria yang dikenal sebagai sastrawan sekaligus intelektual Muslim asal Jombang itu.

Baca juga: Cak Imin doakan Cak Nun lekas sembuh

"Mohon doa dan dukungan dari teman-teman semua," ujar dia.

Sementara itu, mantan Sekretaris Cak Nun, Noor Janis Langga Barana menuturkan meski kondisi Cak Nun kini mulai stabi, pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta belum mengizinkan ayah dari Noe Letto itu untuk dibesuk.

"Ini tadi pak bupati Bantul mau besuk juga belum bisa. Belum tahu kepulangannya," kata Janis saat dikonfirmasi di Yogyakarta.

Berdasarkan informasi dari Cak Zaki, adik kandung sekaligus manajer Cak Nun, proses pemulihan Cak Nun dari sakitnya terus mengalami perkembangan.

Menurut dia, Cak Nun masih berada di ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUP Dr. Sadjito bersama sang istri, Novia Kolopaking.

Baca juga: Cak Nun dirawat intensif di RS Sardjito Yogyakarta

Baca juga: Dirawat di RSUP, kondisi kesehatan MH Ainun Nadjib semakin membaik


"Proses recovery Mbah Nun berjalan terus dengan baik. Kondisi beliau stabil, demikian pula kesadaran beliau baik dan stabil," kata dia.

Cak Nun sedang menjalani perawatan intensif di ICU RSUP Dr. Sardjito sejak Kamis (6/7), usai tidak sadarkan diri sesaat setelah bangun tidur.

Sebelumnya, Cak Nun masih sempat pentas bersama Kiai Kanjeng di Kampung Mataraman, Yogyakarta, pada Minggu (2/7) malam.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023