Sentani (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengunjungi Agro Edu Tourism di Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat, untuk melihat langsung produksi, pemeliharaan dan peternakan ayam, perikanan dan pembuatan makanan ternak, serta pembelajaran terkait hidroponik dan cara pengemasan.

"Ini sudah bagus dan yang paling penting saya ingatkan ialah harus berangkat dari harga di pasar," kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, yang terpenting juga ialah anak muda Papua yang ada di Agro Edu Tourism bisa mengetahui permintaan pasar atau tema pasar. Setelah itu baru  dimulai dengan produksi.

"Kalau permintaan pasar adalah telur maka produksinya ayam petelur dan jika permintaan daging ayam maka produksinya harus ayam potong," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan adanya Agro Edu Tourism maka sudah pasti pasar yang ada di Papua harus dikuasai oleh anak muda di Bumi Cenderawasih itu.

"Produk unggulan yang dikemas dengan baik sehingga akan menjadi cenderamata bagi siapa saja yang akan berkunjung ke Papua," katanya lagi.

Agro Edu Tourism merupakan pengembangan dari Papua Youth Creative Hub (PYCH) bekerja sama dengan PLN di bawah binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

Setelah mengunjungi Agro Edu Tourism Presiden Jokowi langsung kembali ke Jakarta pada hari yang sama.

Baca juga: Siswa dan guru di Jayapura antusias sambut Presiden Jokowi di Agro Edu

Baca juga: Presiden Jokowi: Upaya pembebasan pilot Susi Air masih terus dilakukan

Baca juga: Presiden sebut potensi industri kreatif di Tanah Papua sangat besar

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023