Komisi V DPR RI bertekad dan akan bekerja keras mengawasi, memberikan masukan kepada pemerintah agar pembangunan infrastruktur bisa terlaksana
Jakarta (ANTARA News) - Menjadi Ketua Komisi V DPR RI, Lauren Bahang Dama tak ingin terlena dan berleha-leha.

Di sisa waktu menjelang 2014, dirinya ingin memastikan bahwa uang negara yang dipakai untuk pembangunan infrastruktur di semua daerah sesuai peruntukkan atau tidak.

Karena itu, dirinya bersama-sama pimpinan dan anggota Komisi V DPR RI akan mengecek langsung kelapangan, ke setiap daerah setiap pekannya.

Dalam tahun sidang ini, kata Laurent, Komisi V DPR RI telah menyusun agenda pekan per pekan untuk kunjungan kerja ke berbagai daerah.

"Komisi V akan sering lakukan kunjungan spesifik ke daerah-daerah untuk melihat apakah efektif kenaikan anggaran yang diberikan dengan pembangunan infrastruktur terhadap realisasi di lapangan," kata Laurens kepada ANTARA News, Jakarta, Sabtu.

Kunjungan spesifik itu, menurut anggota DPR RI dari Nusa Tenggara Timur itu akan meninjau pelaksanaan pembangunan seperti jalan, jembatan, irigasi. Tak hanya itu, kunjungan spesifik itu juga akan meninjau pembangunan seperti sarana transportasi darat, laut dan udara.

Selain itu, kata Laurens, sektor perumahan juga tak luput dari pantauan Komisi V DPR RiI. Sebab perumahan merupakan kebutuhan primair dan satu satu indikator kesejahteraan. "Dengan adanya program perumahan swadaya dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), ada peningkatan penghidupan yang layak di desa," kata politisi Partai Amanat Nasional itu.

Ia memastikan, kunjungan kerja ke daerah-daerah itu harus disertai laporan dari masing-masing kelompok atau anggota nantinya.

"Dibawah kepemimpinan saya, semua wajib membuat laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat, negara, DPR RI. Dengan demikian, apa yang menjadi kekurangan terhadap pelaksanaan pembangunan yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat bisa segera dilaksanakan," kata anggota DPR dari daerah pemilihan NTT I itu.

Untuk sementara, ujar mantan anggota Komisi XI DPR RI dan Badan Anggaran DPR RI itu, dalam kurun 2-3 tahun terakhir, terjadi peningkatan pembangunan infrastruktur seiring peningkatan anggaran.

Misalnya, untuk infrastruktur jalan, terjadi peningkatan pembangunan yang luar biasa. "Tapi saya dan teman-teman Komisi V DPR RI bertekad dan akan bekerja keras mengawasi, memberikan masukan kepada pemerintah agar pembangunan infrastruktur bisa terlaksana dan akhirnya mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera," kata Laurent.

Biografi

Nama Lengkap : Laurens Bahang Dama
Tempat Lahir : Dewuk, Nusa Tenggara Timur
Tanggal Lahir : Kamis, 13 Februari 1964
Istri : Siena Katrina

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013