Martapura (ANTARA) - Sebanyak 360 haji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan, tiba di daerah asal setelah menjalankan serangkaian ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

Kedatangan jamaah haji asal daerah berjuluk Sebiduk Sehaluan yang diangkut menggunakan armada bus itu disambut Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha di Lapangan Sepak bola KONI Belitang, kabupaten setempat.

"Alhamdulillah, semua jamaah sore ini tiba di tanah kelahiran dengan selamat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama OKU Timur Ishak Putih melalui Kasubbag TU Hasanuddin di Martapura, Jumat.

Dia menjelaskan, kedatangan jamaah ini merupakan kloter pertama yang diberangkatkan Pemkab OKU Timur ke tanah suci dari Embarkasi Palembang pada 26 Mei 2023.

Baca juga: Satu calon haji asal OKU Timur meninggal dunia di Mekkah

Baca juga: 248 calon haji disiapkan Kemenag OKU berangkat ke Tanah Suci Mekkah


Sebanyak 360 jamaah haji tersebut terdiri atas 173 laki-laki dan 187 perempuan.

"Kami juga kabarkan satu orang calon haji meninggal dunia di Embarkasi Palembang, dan dua orang meninggal di Arab Saudi," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Hasanuddin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab OKU Timur yang telah memfasilitasi dari proses pemberangkatan sampai dengan penjemputan para jamaah.

"Saat ini tinggal menunggu kepulangan jamaah haji Kloter 2 dan 3 yang berjumlah 209 orang tiba di OKU Timur dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha mengucapkan puji syukur atas kedatangan ratusan jamaah haji di daerah asal dengan aman dan selamat.

Fasilitas yang diberikan mulai dari keberangkatan hingga kedatangan tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah daerah untuk para jamaah haji yang menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

"Semoga para jamaah haji OKU Timur menjadi haji yang mabrur dan mabruroh serta selalu menjaga ketaqwaan," ujarnya.*

Baca juga: 114 JCH di OKU Sumsel lunasi biaya haji

Baca juga: CJH Kabupaten OKU mulai lakukan perekaman Visa Biometrik

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023