Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.

Seorang anak SD tanya Presiden mengapa ibu kota tidak dipindah ke Papua

Seorang murid sekolah dasar (SD) di Papua bertanya kepada Presiden RI Joko Widodo mengapa ibu kota tidak dipindahkan ke Papua.

Hal itu disampaikan seorang murid bernama Kesia Olivia Ergor saat Presiden beraudiensi dengan pelajar Papua di Ballroom Cendrawasih, Swiss-Belhotel, Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Presiden Jokowi: Kunjungan ke Australia dan PNG dapat redam konflik

Presiden Joko Widodo(Jokowi) mengharapkan kunjungan ke Australia dan Papua Nugini (PNG) dapat meredam konflik dan keinginan kelompok tertentu.

"Saya sudah berbicara dari hati ke hati secara informal sehingga diharapkan dengan adanya kunjungan ke kedua negara bisa meredam konflik dan keinginan-keinginan tertentu, " harap Jokowi menjawab pertanyaan Antara di Jayapura, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Menhan: Indonesia berhasil kalau elite rukun dan bekerja sama

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menekankan bahwa Indonesia dapat menjadi negara yang berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai negara maju dan menghapus kemiskinan apabila para elite-nya rukun dan bekerja sama.

Saat berbicara di hadapan peserta Rapat Kerja Nasional Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) 2023 di Jakarta, Jumat, Prabowo menyampaikan Indonesia mempunyai banyak modal untuk mencapai tujuan itu, antara lain bonus demografi yang diperkirakan oleh ahli terjadi mulai tahun 2025 dan sumber daya alam yang melimpah.

Selengkapnya klik di sini.

Menteri PAN-RB minta ASN pangkas birokrasi berbelit

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta para aparatur sipil negara (ASN), terutama ASN di Tabanan, Bali agar memangkas birokrasi yang panjang dan berbelit.

Menurut Anas, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, pemangkasan birokrasi yang panjang dan berbelit itu dapat membuat masyarakat lebih cepat merasakan dampak dari pelayanan publik yang dihadirkan pemerintah.

Selengkapnya klik di sini.

Wapres minta pelayanan publik tak terganggu kepala daerah undur diri

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pelayanan publik yang berjalan tidak terganggu oleh mundurnya sejumlah kepala daerah yang akan maju sebagai bakal calon legislatif di Pemilu 2024.

“Kemungkinan ada terjadi kekosongan (jabatan). Pemerintah sudah harus menyiapkan lebih awal untuk penjabatnya (kepala daerah yang mengundurkan diri), supaya pelayanan masyarakat tidak terganggu," tegas Wapres kepada wartawan di Banyuasin, Sumatra Selatan, Jumat, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023