transportasi salah satu yang menjadi kebutuhan penting bagi wisatawan. Tren sekarang itu 'online' dan sudah menjadi kebutuhan di mana pun
Batam (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Kepulauan Riau, menyebutkan hadirnya penyedia jasa taksi daring di Bandara Hang Nadim Batam, memberikan kemudahan kepada wisatawan yang mengunjungi daerah itu.

Kepala Disbudpar Kota Batam Ardiwinata mengatakan dengan adanya jasa taksi daring memberikan pilihan atau alternatif kepada masyarakat maupun wisatawan terhadap transportasi darat, selain tersedianya taksi konvensional ataupun minibus untuk mengantar wisatawan ke tempat tujuannya.

"Dalam konsep pariwisata, transportasi salah satu yang menjadi kebutuhan penting bagi wisatawan. Tren sekarang itu 'online' dan sudah menjadi kebutuhan di mana pun. Orang lebih mudah memesan, jadi harus kita dukung langkah baik ini," kata Ardi dihubungi di Batam, Sabtu.

Ia menambahkan ketika wisatawan mengunjungi destinasi pariwisata dengan cepat dan nyaman, maka akan membuat daya saing dan daya tarik orang berkunjung ke Batam baik domestik atau mancanegara semakin meningkat.

"Menambah lagi alternatif transportasi, selain taksi konvensional, ada taksi 'online' Batam semakin menarik. Orang berwisata itu konsep menyenangkan, memudahkan," ujar dia.

Menurut Ardi, ada tiga konsep pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas dan amenitas.

Baca juga: Batam masih kekurangan 20 ribu tenaga kerja las untuk galangan kapal

Baca juga: 17 produk UMKM Batam ikuti pameran dagang di Singapura


"Hari ini pemerintah telah membangun akses jalan, sehingga tidak ada kemacetan, semua tempat wisata bisa dikunjungi. Amenitas salah satunya hadirnya taksi 'online:, dan acara selalu kita hadirkan di Kota Batam," ujar dia.

Sebelumnya pengelola Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim menambah kerja sama dengan penyedia taksi daring di bandara tersebut untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan transportasi.

Direktur PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah menyebutkan untuk tahap awal mereka menggandeng salah satu perusahaan transportasi daring dan perusahaan taksi lokal untuk menjadi taksi bandara dengan pelayanan premium.

"Sesuai tindak lanjut perjanjian kerja sama yang sudah ditandatangani sebelumnya bersama perusahaan penyedia taksi daring dengan bandara, hari ini kami memulai pemasangan stiker untuk 60 kendaraan yang sudah siap hari ini," ujar Pikri.

Ia menjelaskan untuk sementara, baru ada satu lokasi penjemputan yang ditetapkan oleh pihaknya menjelang selesainya renovasi yang sedang dilakukan.

Baca juga: Kepala BP ajak Uni Eropa berkontribusi dalam pembangunan Kota Batam

Baca juga: BP Batam naikan tarif bongkar muat peti kemas

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023