Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya ditahan imbang Barito Putera pada laga pekan kedua Liga 1 Indonesia musim 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu sore.

Pada pertandingan tersebut tim lawan berhasil melesakkan gol terlebih dahulu pada menit ke-28 lewat sepakan Murilo Otavio Mendes. Sementara gol penyeimbang dari tuan rumah Persebaya diciptakan oleh Bruno Moreira pada menit ke-44.

Pada pertandingan tersebut, Persebaya langsung tampil menyerang sejak menit pertama dan pada menit ke-4 pemain asing Persebaya Dusan Stevanovic memiliki peluang emas hasil umpan dari Bruno Moreira, sayang sundulannya berhasil dihadang oleh penjaga gawang Barito Putera Ega Rizky.

Selang dua menit, giliran pemain asing Persebaya Sho Yamamoto yang memperoleh peluang dari dalam kotak penalti, namun sepakan pemain asal Jepang tersebut digagalkan oleh penjaga gawang Barito.

Hingga menit ke-20, pemain dari kedua kesebelasan belum mampu menciptakan gol untuk mengubah skor.

Barito Putera akhirnya memecahkan kebuntuan lewat Murilo Otavio Mendes pada menit ke-28. Tendangan kaki kanannya yang mengarah ke sudut atas kiri gawang dari luar kotak penalti, berhasil menjebol gawang tuan rumah yang dijaga Ernando Ari.

Upaya untuk menyamakan kedudukan terus dilakukan pemain tuan rumah. Namun, umpan-umpan pendek dan cepat yang dilakukan oleh para pemain Green Force masih belum dapat menyamakan kedudukan.

Begitu juga para penggawa Laskar Antasari yang beberapa kali kerap menyerang pertahanan klub Bajol Ijo tersebut, tapi belum dapat membahayakan gawang yang dijaga penjaga gawang kelahiran Semarang Ernando Ari.

Akhirnya Persebaya dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-44 lewat akselerasi Bruno Moreira yang menusuk pertahanan Barito Putera, hingga masuk ke kotak penalti.

Tendangan kanan pemain asal Brazil yang mengarah ke sisi kiri gawang tak bisa dibendung oleh Ega Rizky. Skor imbang 1-1 tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Baca juga: Pelatih Persebaya waspadai lini depan Barito Putera

Pada babak kedua, tuan rumah juga langsung mengambil inisiatif untuk menyerang.

Namun, pemain Barito Gustavo Tocantins justru mendapat peluang terlebih dulu pada menit ke-50 melalui sundulan hasil umpan RIzky Pora.

Penjaga gawang Persebaya Ernando Ari juga berhasil menggagalkan tendangan dari Bagus Kahfi pada menit ke-78 dari luar kotak penalti.

Beberapa kali kedua tim saling menyerang lewat serangan balik, namun tidak dapat mengubah skor.

Hingga wasit Thoriq Alkatiri meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir skor masih tetap sama 1-1 untuk kedua kesebelasan.

Pada klasemen sementara pekan kedua Liga 1 Indonesia musim 2023/2024, Persebaya menempati posisi ketiga dengan meraih empat poin, sementara Barito Putera berada di peringkat kedua dengan poin yang sama.

Berikut susunan pemain kedua tim:
Persebaya Surabaya:
Ernando Ari Sutaryadi (PG), Arief Catur Prasetya, Reva Adi Utama, Dusan Stevanovic, Song Ui-young, Ze Valente (C), Sho Yamamoto, Wildan Ramadhan, Kadek Raditya, Ripal Wahyudi, Bruno Moreira.
Pelatih: Aji Santoso

Barito Putera:
Ega Rizky Pramana (PG), Amiruddin Bagas Kaffa, Carlos Alberto Olaivar Martinez De Murga, Gustavo Henrique Barbosa Freire, Bayu Pradana, Hasim Kipuw, Rizky Pora (C), Murilo Otavio Mendes, Renan Da Silva Alves, Frendi Saputra, Mike Rigoberto Gelito Ott.
Pelatih: Rahmad Darmawan

Baca juga: Dewa United curi tiga poin di kandang PSM Makassar
Baca juga: Arema FC bermain imbang 3-3 lawan Persib Bandung

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023