Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Humaniora selama sepekan terakhir mulai 3-9 Juli 2023 yang menarik dan masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari banjir lahar dingin di Lumajang hingga pengumuman kuota haji 2024.

Berikut rangkuman berita humaniora dalam sepekan:

1. Banjir lahar dingin Semeru terjang sejumlah jembatan di Lumajang

Banjir lahar dingin Gunung Semeru menerjang sejumlah jembatan hingga menyebabkan kerusakan parah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat.

Jembatan gantung Kali Regoyo dan jembatan penghubung antara Kabupaten Lumajang dengan Malang dikabarkan putus diterjang
aliran lahar Gunung Semeru.

2. Wakil Presiden: Pelanggar aturan dekarbonisasi harus ditindak

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan yang terbukti melanggar peraturan tentang upaya pengurangan emisi karbon atau dekarbonisasi harus ditindak.

"Harus ditindak apabila ada yang melakukan pelanggaran," katanya usai menghadiri acara penganugerahan Padmamitra Award Tahun 2022 Forum Corporate Social Responsibility Indonesia di Jakarta, Rabu.

3. BPJS Kesehatan tanggung biaya pasien COVID-19 berdasar indikasi medis

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menanggung biaya penanganan pasien COVID-19 peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional berdasarkan indikasi medis.

"Tergantung diagnosisnya apa, karena kalau kena COVID-19 apakah pernapasan, atau otak, itu yang menonjolnya apa," kata Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dalam Dialog FMB9 yang diikuti via daring di Jakarta, Senin.

4. Pemerintah pastikan Program Kartu Prakerja tetap berlanjut di 2024

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari mengatakan Program Kartu Prakerja tetap berlanjut di 2024.

"Yang pasti 2024 Prakerja lanjut, dan ini sudah disampaikan oleh Presiden pada Temu Raya di Sentul, Bogor tahun lalu," katanya saat dikonfirmasi di Badung, Bali, Senin.

5. Indonesia dapat kuota haji 2024 sebanyak 221 ribu orang

Kementerian Agama mengumumkan bahwa Indonesia mendapat kuota untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi sebanyak 221.000 orang.

Kepastian kuota tersebut diperoleh setelah Pemerintah Arab Saudi menginformasikan besaran kuota haji pada 2024. Informasi ini disampaikan melalui surat yang diserahkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023