Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan, Kuta Lane yang telah dibangun ini merupakan pembangunan yang berkelanjutan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),  Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang diharapkan bisa meningkatkan pendapatan UMKM.

"Fasilitas pendukung pengembangan pariwisata ini menjadi sebuah koridor pedestarian yang nyaman dan berfungsi sebagai akses penghubung antara Bazar Mandalika dengan Kita Beac Park (The Mandalika)," katanya saat meresmikan tiga proyek pembangunan di KEK Mandalika, Minggu.

Akses ini dirancang dengan tujuan untuk memfasilitasi dan meningkatkan alur aktivitas para pengunjung atau wisatawan dari area kawasan pantai menuju are bazar Mandalika atau tempat para UMKM serta area parkir di kawasan Mandalika.

Kuta Lane dilengkapi dengan artwork space, taman bermain anak-anak yang ramah, spot-spot foto ikonik yang memukau dan panggung hiburan yang siap menjadi tempat pertunjukan seni musik, tari dan teater yang menarik.

"Ini salah satu program pembangunan yang berkelanjutan," katanya.

Pemerintah telah membangun Sirkuit Mandalika untuk mendukung pengembangan kawasan pariwisata di Mandalika dan kawasan ini telah dipusatkan untuk pengembangan pariwisata olahraga.

"Kita sepakat menjadikan KEK Mandalika ini untuk pariwisata Sport," katanya.

Oleh karena itu, pemerintah telah membangun berbagai fasilitas termasuk lapak Bazar Mandalika yang diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Di Bazar ini yang harus banyak dijual itu adalah kuliner dan kerajinan yang dihasilkan masyarakat," katanya.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengatakan pihaknya tetap berkomitmen dalam mengembangkan dan memajukan KEK Mandalika.

“The Mandalika ini sebagai destinasi wisata unggulan," katanya.

Pembangunan proyek Kita Lane, Majid dan Hotel ini menjadi komitmen ITDC untuk mengembangkan potensi pariwisata dan infrastruktur di The Mandalika, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan multiplayer positif bagi masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Dengan spirit dan visi yang sama, bersama-sama kita wujudkan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata yang mendunia," katanya.


Baca juga: Menteri BUMN meresmikan tiga proyek di Mandalika


Baca juga: Pos pemadam dibentuk di KEK Mandalika-NTB antisipasi kebakaran

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023