Festival Payakumbuh Botuang merupakan salah satu agenda wisata yang menjadi unggulan karena diakui dan masuk dalam KEN Kemenparekraf RI
Payakumbuh (ANTARA) - Festival Payakumbuh Botuang yang akan digelar pada 13 sampai 15 Juli 2023 di Taman Batang Agam, Payakumbuh, Sumatera Barat, menawarkan beragam seni dan budaya berbasis bambu.

Pj Wali Kota Payakumbuh Ridha Ananda di Payakumbuh, Minggu, mengatakan dalam festival itu akan ditampilkan Musik Botuang,  Malenggok Botuang, Layang-layang, Pameran Botuang, Pameran UMKM, dan Kreatif Expo, Barakik-Rakik, dan sejumlah kegiatan lain berbasis bambu.

"Sesuai dengan namanya, botuang atau bambu dalam Bahasa Indonesia. Agenda ini akan menampilkan banyak seni dan budaya berbasis bambu," katanya.

Ia menyebut agenda itu merupakan salah satu festival unggulan di Sumatera Barat (Sumbar) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

"Ini menjadikan Festival Payakumbuh Botuang  menjadi salah satu agenda seni budaya terbaik di Sumbar yang bisa dinikmati oleh wisatawan," katanya.

Baca juga: Festival Mengolah Rendang bakal digelar perdana di Payakumbuh

Ridha mengundang semua pihak, terutama wisatawan, untuk ikut menikmati kegiatan seni budaya yang sempat vakum selama beberapa tahun karena pandemi COVID-19.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengatakan ajang festival menjadi salah satu faktor pendukung sektor pariwisata di daerah.

Hampir semua kabupaten dan kota di Sumbar memiliki kegiatan pariwisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata sesuai Program Visit Beautifull West Sumatera 2023.

Ia menilai makin banyak agenda wisata yang ada di daerah, akan semakin banyak potensi kunjungan wisatawan, yang pada akhirnya bisa meningkatkan perekonomian daerah.

"Festival Payakumbuh Botuang merupakan salah satu agenda wisata yang menjadi unggulan karena diakui dan masuk dalam KEN Kemenparekraf RI," ujarnya.

Baca juga: Jembatan Kelok 9 Payakumbuh jadi tujuan wisata pemudik
 
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023