Jakarta (ANTARA News) - PT Adhi Karya Tbk akan merealisasikan penerbitan surat utang (obligasi) senilai Rp750 miliar, terdiri atas obligasi seri A Rp125 miliar, seri B Rp500 miliar, serta sukuk sebesar Rp125 miliar.

"Obligasi Adhi Karya sebesar total Rp750 miliar akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 18 Maret 2013," kata Direktur Adhi Karya Kiswodarmawan di sela acara HUT Adhi Karya ke-53 di Jakarta, Senin.

Menurut Kiswodarmawan, tingkat bunga obligasi seri A sebesar 8,1 persen dengan jangka waktu 5 tahun, tingkat bunga seri B 8,5 persen jangka waktu 7 tahun.

Adapun sukuk ditawarkan dengan tingkat nisbah 63,28125 persen berjangka waktu 7 tahun.

Penjamin pelaksana emisi obligasi, ditunjuk adalah PT BCA Sekuritas dan PT Danareksa Sekuritas.

Ia menjelaskan, dana obligasi yang diterbitkan Adhi Karya merupakan jenis Penawaran Umum Berkelanjutan I Tahap II, sedangkan sukuk Mudarabah Berkelanjutan I Tahap II.

Kiswodarmawan menambahkan, dana hasil penawaran obligasi akan digunakan untuk ekspansi seperti pembangunan hotel, perkantoran, proyek monorel, dan pembangunan pabrik beton, di Jawa, Bali, Sumatera.

Selain itu dana obligasi juga akan membiayai anak usahanya, PT Adhi Usaha Properti, dan PT Adhi Persada Realti dalam bentuk pinjaman komersial untuk mengembangkan properti multiguna, real estate dan pusat perbelanjaan yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi.

Adapun dana dari hasil penerbitan sukuk mudarabah untuk pembangunan hotel, perkantoran, proyek monorel, pabrik beton jadi.

"Seluruh pengembangna usaha Adhi tersebut untuk meningkatkan nilai aset perseroan melalui utilisasi aset berupa tanah, meningkatkan margin keuntungan, dan meningkatkan porsi recurring income," ujar Kiswodarmawan.
(R017/R007)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013