Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (9/7), mulai dari KPU RI menyebut baru delapan partai politik (parpol) menyerahkan berkas perbaikan administrasi bakal caleg hingga Ketum Gerindra Prabowo Subianto memuji Presiden Jokowi tangani pandemi COVID-19.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

KPU sebut baru 8 parpol yang serahkan perbaikan administrasi bacaleg

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut baru delapan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 yang menyerahkan berkas perbaikan administrasi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Kantor KPU RI hingga Minggu (9/7) pukul 20.15 WIB.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi jenguk Cak Nun di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Presiden Joko Widodo menjenguk Budayawan Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

Presiden yang tiba di RSUP Dr Sardjito sekitar pukul 10.00 WIB masuk melalui lobi Gedung Pusat Jantung Terpadu didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo sebut masih berunding dengan PKB soal cawapres

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan bahwa partainya masih berunding dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga saat ini terkait dengan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya sebab akan menjadi keputusan besar bagi negara dan bangsa.

"Jadi, ini keputusan besar bagi negara dan bangsa kita. Untuk cawapres, tetap kami rundingkan dengan saksama. Kami ini mau mendapat sesuatu yang benar-benar tepat," kata Prabowo di kompleks Widya Chandra, Jakarta, Minggu (9/7).

Selengkapnya baca di sini.

Wakil Ketua MPR sebut potensi SDM butuh sistem pendidikan yang tepat

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebut potensi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia membutuhkan sistem pendidikan yang tepat, agar talenta anak bangsa dapat dikembangkan dan dimaksimalkan demi kesejahteraan bangsa dan negara.

"Upaya untuk mendukung bakat dan potensi setiap anak bangsa harus dibangun melalui sistem pendidikan yang tepat dan berkesinambungan dengan kebutuhan dunia kerja di Tanah Air, serta nilai-nilai kebangsaan bagi setiap warga negara," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Minggu (9/7).

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo Subianto puji kepimpinan Presiden Joko Widodo tangani pandemi

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di depan para kader partai tersebut memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengendalikan pandemi COVID-19 selama tiga tahun.

"Indonesia pernah dianggap remeh dan dipandang rendah oleh bangsa lain. Banyak negara meramalkan Indonesia kolaps, dan tidak bisa mengatasi kesehatan, dan banyak korban, Alhamdulillah kenyataan bahwa kita termasuk diakui PBB, sebuah negara yang cepat pulih dari pandemi. Karena ada kepimpinan yang baik di mana-mana kita harus berani, mau dan untuk mengakui Presiden Joko Widodo," kata Prabowo dalam Konsolidasi Partai Gerindra di Depok, Minggu (9/7).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023