Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa bumi pada Senin pagi melanda daerah pantai barat daya Kota Meulaboh, Provinsi Aceh.

BMKG semula menyampaikan gempa bumi yang terjadi pukul 08.19 WIB itu memiliki magnitudo 5,2, tetapi kemudian memperbaruinya menjadi 5,0.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, episenter gempa bumi itu berada di laut pada kedalaman 57 km di koordinat 3,84 Lintang Utara dan 95,85 Bujur Timur, sekira 45 km arah barat daya Kota Meulaboh.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng," katanya.

Gempa bumi yang menurut hasil analisis BMKG memiliki mekanisme pergerakan geser turun itu, kata Daryono, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Daryono menyampaikan bahwa gempa bumi tersebut dirasakan di Kota Banda Aceh dan Aceh Tengah pada skala intensitas II MMI, getarannya dirasakan oleh beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," katanya.

Hasil pemantauan BMKG menunjukkan hingga pukul 08.35 WIB tidak ada aktivitas gempa bumi susulan setelah gempa dengan magnitudo 5,0 yang terjadi pukul 08.19 WIB di barat daya Meulaboh.

Daryono mengimbau warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa serta memeriksa kondisi bangunan tempat tinggal untuk memastikan tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

​​​​Baca juga:
Gempa bermagnitudo 5,5 guncang wilayah barat daya Banda Aceh
Gempa dengan magnitudo 5,0 di Jayapura dipicu aktivitas sesar

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023