Kupang (ANTARA) - Kementerian Sosial Republik Indonesia mendistribusikan bantuan dana kematian senilai Rp90 juta untuk enam korban jiwa yang meninggal dunia akibat bencana alam banjir dan tanah longsor pada awal 2023 di Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan terima kasih kepada Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan sosial Robben Rico atas segala bentuk perhatian dan dukungan bagi warga Kabupaten Kupang yang mengalami musibah banjir," kata Bupati Kupang Korinus Masneno di Kupang, Senin.

Bupati Korinus Masneno mengatakan hal itu saat menerima penyerahan bantuan sosial kematian dari Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI Robben Rico.

Baca juga: Menteri Sosial serahkan bantuan rumah bagi korban badai Seroja di NTT

Baca juga: Pemkab Kupang serahkan 124 unit rumah bagi korban bencana seroja


Menurut Bupati Korinus Masneno bantuan dan kepedulian yang diberikan Kemensos kepada masyarakat Kabupaten Kupang sangatlah berarti guna membantu masyarakat yang telah tertimpa bencana alam hingga mengakibatkan enam warga setempat meninggal dunia.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Kupang akan terus berkoordinasi bahkan menyampaikan permohonan strategis untuk mendapatkan dukungan bantuan bagi masyarakat Kabupaten Kupang.

Bupati Korinus Masneno meminta para ahli waris dari enam korban itu untuk menerima bantuan dengan baik dan bersyukur karena ada perhatian Pemerintah Pusat dalam membantu meringankan beban yang dirasakan.

"Pemerintah Kabupaten Kupang turut merasakan duka bagi korban jiwa yang meninggal dalam peristiwa bencana alam yang terjadi secara beruntun di daerah itu pada awal 2023 lalu," katanya.

Sementara itu Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia, Robben Rico menyatakan Kabupaten Kupang adalah salah satu daerah rawan bencana alam sehingga banyak warga yang tidak saja kehilangan harta benda ataupun materi tapi juga ada korban jiwa.

Ia mengatakan Kementerian Sosial RI memberikan bantuan santunan ahli waris korban meninggal dunia bencana alam di Kabupaten Kupang. sebanyak enam orang dengan nilai bantuan Rp90.000.000 atau masing-masing menerima bantuan sebesar Rp15.000.000/orang.

Menurut dia kondisi wilayah Kabupaten Kupang yang rawan bencana apabila butuh bantuan agar langsung sampaikan ke Kemensos RI.

"Selama kami bisa, pasti di bantu. Ibu Menteri Sosial begitu peduli untuk masalah pembangunan dan pengentasan kemiskinan," kata Robben Rico.

Ia mengatakan perhatian Kementerian Sosial RI tidak saja masalah bencana tetapi juga penanganan stunting melalui pemberian nutrisi yang merupakan pelayanan dalam pelaksanaan program Keluarga Harapan Kemensos RI.

Selain itu kata dia Kemensos RI juga memiliki program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni serta pelayanan untuk disabilitas dan lansia yang bisa dibantu untuk warga Kabupaten Kupang.

Baca juga: BPBD Sumba Barat Daya distribusi bantuan korban bencana puting beliung

Baca juga: BPBD Kabupaten Kupang distribusi air bersih bagi korban bencana banjir

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023