Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf  TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali berpesan kepada Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat agar para atlet yang berpartisipasi dalam Pekan Olahraga TNI AL Wilayah Barat (Porwilbar) dapat merepresentasikan keunggulan dan potensi prajurit laut.
 
"Bapak Kasal berpesan mereka diharapkan dapat menorehkan prestasi, baik dalam kompetisi antarmatra tingkat nasional maupun internasional sebagai bukti nyata keberhasilan pembinaan personel di jajaran TNI AL," ujar Nurhidayat dalam Porwilbar TNI AL Tahun 2023 di Lapangan Trisila, Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.
 
Adapun pekan olahraga ini menjadi "talent scouting event" yang dapat melahirkan bibit-bibit unggul atlet dari kalangan prajurit. Menurut Nurhidayat, pekan olahraga ini bukan hanya untuk mengejar prestasi semata. Namun, kompetisi ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai kegigihan, kedisiplinan, dan kejujuran dalam diri setiap atlet. Untuk itu, Nurhidayat meminta para atlet menjaga semangat sportivitas dalam setiap kompetisi demi menjadi yang terbaik.
 
"Menang atau kalah bukanlah cerminan kualitas diri seorang prajurit matra laut, melainkan komitmen dan determinasi untuk senantiasa berjuang dengan gigih dilandasi semangat sportivitas dan kejujuran," katanya.

Baca juga: Kasal: Kapal perang Jerman ke Indo-Pasifik itu "goodwill visit"
Baca juga: Kasal: Dua kapal pemburu ranjau baru dijadwalkan tiba Juli 2023
 
Nurhidayat menuturkan bahwa pekan olahraga ini bukan hanya sekadar kompetisi, melainkan sebagai ajang yang dapat menginspirasi dan menginisiasi perubahan positif dalam pola hidup yang lebih sehat bagi seluruh prajurit dan keluarga.
 
"Jadikan pekan olahraga ini sebagai wadah untuk mengeksplorasi potensi terbaik, memperkuat soliditas, dan meningkatkan prestasi prajurit kesatria matra laut," tambah dia.
 
Tidak hanya itu, ia mengapresiasi komitmen dan dedikasi seluruh panitia, pelatih, dan pendukung dalam penyelenggaraan Porwilbar TNI AL Tahun 2023. Dia berharap kompetisi ini dapat menjadi momentum yang memberikan manfaat optimal bagi organisasi dan seluruh prajurit TNI AL.
 
Untuk diketahui, Porwilbar TNI AL Tahun 2023 dimulai pada tanggal 10 hingga 14 Juli 2023 dengan mempertandingkan tiga cabang olahraga, yakni, sepakbola, voli, dan tenis lapangan.
 
Kompetisi ini diikuti lebih dari 500 prajurit dari seluruh Komando Utama (Kotama) TNI AL Wilayah Barat, yakni Mabes TNI AL, Komando Armada RI, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Korps Marinir (Kormar), Sekolah Staf dan Komando TNI AL (Seskoal) serta Pushidrosal.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023