Beijing (ANTARA) - Kementerian Sumber Daya Air China pada Minggu (9/7) mengatakan bahwa ketinggian air di 12 sungai di negara itu telah melewati ambang batas peringatan menyusul hujan lebat yang mengguyur sejak Kamis (6/7) hingga Sabtu (8/7).

Sungai-sungai tersebut terletak di beberapa daerah setingkat provinsi, termasuk Jiangsu, Liaoning, Guizhou, Jiangxi, Mongolia Dalam, dan Heilongjiang, ungkap kementerian itu.

Hujan lebat melanda beberapa bagian di China barat daya, daerah-daerah di antara Sungai Yangtze dan Sungai Huaihe, area-area di antara Sungai Kuning dan Sungai Huaihe, China timur laut, serta Provinsi Hubei selama tiga hari tersebut.

Hujan badai diperkirakan melanda sejumlah wilayah di Shanghai, Anhui, Hubei, Hunan, Guizhou, Yunnan, dan Jilin pada Minggu. Ketinggian air di beberapa sungai berukuran kecil dan sedang dapat melebihi ambang batas peringatan, lanjut kementerian.

Pihak kementerian telah menerapkan tanggap darurat Level IV terhadap banjir di sembilan daerah setingkat provinsi, termasuk Mongolia Dalam, Liaoning, dan Jilin.

China memiliki sistem tanggap darurat pengendalian banjir yang terdiri dari empat tingkat, dengan Level I sebagai tanggap darurat tertinggi.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023