makin termotivasi dalam meningkatkan kualitas program CSR guna mendukung percepatan pencapaian SDG’s di 2030
Tabalong (ANTARA) - Sebanyak dua program unggulan PT Maruwai Coal di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yaitu Program Posyandu untuk Mama dan Anak (UMA) bagi masyarakat Dayak dan Petani Sejahtera Bersama Adaro meraih penghargaan Nusantara CSR Awards 2023.

"Penghargaan yang diberikan oleh La Tofi School of Social Responsibility ini menjadi momentum kami untuk semakin memperkuat kemitraan dengan para pihak dalam mendukung pencapaian SDG's," jelas Community Development Section Head PT Maruwai Coal Sri Armiyati di Murung Raya, Senin.

Sri Armiyati menjelaskan, kedua program itu menjadi bentuk kemitraan PT Maruwai Coal (Adaro Mineral Indonesia) dengan para pihak dalam mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDG’s).

Bagi Sri Armiyati atau yang sering disapa Mimi, ajang seperti ini penting bagi perusahaan untuk berjejaring, bermitra, bersinergi, saling berbagi pengalaman dalam implementasi program CSR yang berkualitas.
​​​​Mengingat peran dunia usaha untuk mempercepat pencapaian pembangunan berkelanjutan atau SDG’s pada 2030 semakin penting.

"Kami merasa terhormat mendapat award ini dan makin termotivasi dalam meningkatkan kualitas program CSR guna mendukung percepatan pencapaian SDG’s di 2030," tambahnya.

Baca juga: Adaro raih Gold Award dari Global CSR Awards di Hanoi Vietnam
Baca juga: Adaro raih penghargaan Platinum di Bisnis Indonesia CSR Awards 2022


Melalui program Posyandu UMA bagi masyarakat Dayak salah satu komitmen perusahaan mendukung upaya pencegahan Angka Kematian Ibu (AKI)/Angka Kematian Bayi (AKB) dan stunting di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Inovasi sosial yang dibawa program ini salah satunya adalah memadukan kearifan lokal dari bidan kampung/dukun kampung dengan ilmu medis modern dari bidan desa/nakes.

Hingga Juni 2023 dampak dari program ini telah mampu menurunkan angka prevelansi stunting Kabupaten Murung Raya dari 31,6 persen balita sunting pada 2018 menjadi 23,5 persen serta 20,5 persen ibu hamil Kekurangan Energi Kronik (KEK) di tahun 2018 menjadi 15,2 persen.

Di bidang ekonomi komitmen PT Maruwai Coal melalui Program Adaro Tani Sejahtera, dengan pengembangan komoditas unggulan desa di kawasan pertanian terintegrasi partisipasif BUMDes Batu Batuah Kecamatan Barito Tuhup Raya Kabupaten Murung Raya.

Baca juga: Adaro gelontorkan CSR Rp1,1 triliun untuk pendidikan
Baca juga: Adaro Group bantu penanganan stunting di Balangan Kalsel


Hasil dari program Adaro Tani Sejahtera ini banyak memunculkan dampak positif diantaranya terjadi penambahan unit usaha dari usaha wifi, menjadi pertanian terintegrasi (nilam), terbentuknya usaha komunitas yang berwawasan lingkungan peningkatan pendapatan asli desa dan dampak lainnya.

Keberhasilan dua program ini pun menghantarkan PT Maruwai Coal meraih penghargaan dari La Tofi School of Social Responsibility karena telah berkontribusi bagi masyarakat serta lingkungan demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Dengan penghargaan CSR nasional tahunan yang digelar La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta 5 Juli 2023 ini menggerakkan lebih banyak pihak terutama perusahaan sebagai aktor penting pembangunan, untuk mencapai target nasional SDG’s yang akan berakhir 2030. 

Baca juga: Kalimantan Tengah kolaborasikan tiga program cegah stunting dari hulu
Baca juga: BKKBN : Pemprov Kalteng perhatikan angka kelahiran total masih tinggi

 Baca juga: Pemkab Murung Raya lakukan audit kasus stunting

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023