Pandawaragroup memviralkan sampah di Pantai Sukaraja, karena itu bisa menggugah masyarakat untuk peduli
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung menyebutkan bahwa sebanyak 300 ton sampah berhasil diangkut dari kegiatan bersih-bersih Pantai Sukaraja bersama masyarakat.

"Total ada 300 ton sampah yang berhasil dibersihkan selama dua hari kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Sukaraja," kata Kepala DLH Bandarlampung Budiman P Mega, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa sampah-sampah dari Pantai Sukaraja, Kecamatan tersebut setelah dibersihkan langsing dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung.

"Untuk kegiatan ini setidaknya ada 50 unit truk pengangkut sampah yang dilibatkan dari berbagai pihak yang ikut membersihkan sampah di pesisir pantai," kata dia.

Baca juga: Yayasan Anak Bangsa Bisa luncurkan "Pasaran Wawai" tangani sampah
Baca juga: Pemkot Bandarlampung gandeng Itera percantik kota dan kelola sampah


Menurutnya, dengan viralnya sampah di Pantai Sukaraja oleh tiktokers Pandawaragroup, hal itu justru mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar khususnya di Pantai Sukaraja.

"Saya pribadi senang karena Pandawaragroup memviralkan sampah di Pantai Sukaraja, karena itu bisa menggugah masyarakat untuk peduli dengan sampah di sekitar, karena untuk menggerakkan orang itu tidak.mudah," kata dia.

Dia pun berharap kepada masyarakat untuk peduli lingkungan sekitar setiap harinya, jangan membersihkan sampah bila terdapat momen-momen tertentu atau viral terlebih dahulu baru dibersihkan.

"Jangan hari ini aja dong, besok-besok juga harus memperhatikan sampah-sampah ini. Jangan dibebankan kepada Pemerintah daerah saja karena terbatas, kalo semua sama-sama bisa terjaga, kami sudah bangun tempat pembuangan sementara (TPS), jadi kalau peduli buang di sana sampahnya," kata dia.

Baca juga: Bandarlampung berencana tanggulangi sampah dengan diolah jadi briket
Baca juga: Warga Bandarlampung peduli lingkungan giatkan kembali bank sampah


Sebelumnya, Seribuan orang dari berbagai elemen masyarakat ikut andil dalam kegiatan membersihkan Pantai Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Bandarlampung dari tumpukan sampah.

Hal itu karena Tiktokers Pandawara yang menyoroti dan memviralkan salah satu pantai yang berada di Kota Bandarlampung tepatnya di Jalan Ikan Selar, Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras itu.

Ajakan itu terbukti efektif menggalang dukungan dan kepedulian berbagai pihak, termasuk kalangan pejabat, pihak kepolisian, TNI/Polri, warga masyarakat dan berbagai kalangan yang datang berbondong-bondong membaur ikut membersihkan sampah di Pantai Sukaraja ini.

Baca juga: Evaluasi predikat kota terkotor, pengelolaan sampah Bandarlampung segera dibenahi
Baca juga: Pemkot Bandarlampung minta masyarakat manfaatkan sampah pesisir

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023