Upaya pengendalian inflasi pangan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan yang terjangkau bagi masyarakat.
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) meningkatkan sekaligus mengoptimalkan pengendalian inflasi salah satunya melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

"Upaya pengendalian inflasi pangan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan yang terjangkau bagi masyarakat sangatlah penting dilakukan," kata Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin saat dihubungi dari Palangka Raya, Selasa.

Menurutnya lagi, untuk mewujudkannya, di antaranya dilakukan melalui GNPIP yang disertai peningkatan kapasitas terhadap berbagai isu yang berkembang di wilayah Asia Tenggara atau ASEAN, yakni Capacity Building on ASEAN Issues.

Tujuannya adalah meningkatkan kapasitas berbagai pemangku kepentingan dalam menangkap berbagai peluang akselerasi ekonomi digital Indonesia serta memahami tantangannya.

Adapun strategi pengendalian inflasi GNPIP 2023 dengan mengedepankan upaya stabilitas harga yang bersifat struktural, forward looking, serta berbasis digital dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait, termasuk instansi pemerintah, pelaku usaha serta masyarakat, kita dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi untuk mencapai tujuan tersebut," ujar Nuryakin.

Pihaknya siap bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk mengimplementasikan langkah-langkah konkret yang dapat memberi dampak positif bagi masyarakat dan pembangunan daerah.

"Maka pemprov berkomitmen untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan dan Capacity Building on ASEAN Issues," katanya pula.

Sebelumnya, Sekda Nuryakin selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalteng turut menghadiri GNPIP Regional Kalimantan dan Capacity Building on ASEAN Issues di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (10/7).

Melalui tema ”ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 diharap menjadi sarana untuk terus fokus pada penguatan ekonomi kawasan yang tumbuh cepat, inklusif, berkelanjutan serta bertransformasi menjadi kawasan yang berkomitmen pada tujuan pembangunan berkelanjutan.
Baca juga: Pemprov Kalteng pantau pasar pastikan stok bapok aman jelang Ramadhan
Baca juga: Beras subsidi berkontribusi signifikan kendalikan inflasi Kalteng


Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023