Jakarta (ANTARA) - FIFA telah mencabut skorsing 18 bulan yang dijatuhkan kepada Federasi Sepak Bola Zimbabwe (ZIFA) beberapa hari sebelum pengundian kompetisi kualifikasi Afrika untuk Piala Dunia 2026.

Dilansir dari Reuters, Selasa, FIFA mencabut penangguhan ZIFA selama 18 bulan yang mulai berlaku sejak bulan Februari 2022 dan mengisyaratkan kepada ZIFA untuk membentuk komite normalisasi sesegera mungkin

"Biro Dewan FIFA memutuskan untuk mencabut penangguhan yang dikenakan pada Asosiasi Sepak Bola Zimbabwe pada Februari 2022 dan menunjuk komite normalisasi dengan segera," tulis pernyataan FIFA dilansir dari Reuters, Senin.

Zimbabwe diskors oleh FIFA pada Februari 2022 lalu setelah dianggap ada campur tangan pemerintah dalam menjalankan asosiasi sepak bola yang bermasalah.

Komite eksekutif ZIFA diperintahkan dibubarkan pada November 2021 oleh Komisi Olahraga dan Rekreasi Zimbabwe.

Lalu pemerintah menunjuk badan penyelidik terkait dugaan bahwa anggaran yang diberikan kepada ZIFA yang dikucurkan untuk partisipasi Zimbabwe di Piala Afrika 2019 disalahgunakan.

"Di antara tugas sehari-hari mereka, komite normalisasi akan meninjau statuta ZIFA dan kode pemilihan untuk memastikan kepatuhan mereka terhadap Statuta dan persyaratan FIFA, dan untuk memastikan adopsi mereka oleh kongres ZIFA," tulis keterangan FIFA.

Komite normalisasi ZIFA akan diketuai oleh administrator Zimbabwe Lincoln Mutasa, dan harus segera menyelesaikan mandatnya paling lambat pada Juni 2024 mendatang.

Pencabutan skorsing kepada ZIFA menjadi angin segar kepada Zimbabwe. Pasalnya Zimbabwe dapat mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Afrika yang bakal berlangsung mulai November mendatang.

Sementara untuk pengundian kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Afrika akan diadakan di Kongres Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), yang secara resmi dimulai di Abidjan, Pantai Gading pada Kamis mendatang.

Baca juga: Eks presiden federasi sepak bola Afghanistan diskors seumur hidup FIFA
Baca juga: FIFA Kukuhkan skorsing seumur hidup mantan ketua sepak bola Brazil
Baca juga: FIFA skors mantan pemain terbaik Afrika

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023