Depok (ANTARA) - Laboratorium Psikologi Politik, Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama riset dengan Universidad Nacional de Educación a Distancia (UNED), Spanyol untuk mencegah ekstremisme di berbagai negara.

Kolaborasi riset yang didanai oleh Hibah European Research Council (ERC) Advanced Grant Multiprev ini akan menjawab tiga isu utama dalam riset ekstremisme kekerasan.

Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Bagus Takwin, M.Hum., Psikolog, di Depok, Selasa mengatakan proyek kolaborasi riset ERC Advanced Grant Multiprev ini akan melibatkan lima negara, yaitu Indonesia, Spanyol, Sri Lanka, Kolombia, dan Phillipines.

Kerja sama kedua institusi ini bertujuan untuk meningkatkan dampak atau pengaruh riset melalui studi lintas negara dan kolaborasi antaruniversitas dan peneliti, terutama yang terkait dengan topik ekstremisme kekerasan.

Baca juga: Vokasi UI kerja sama dengan IMI dan SFUVET di Swiss

Baca juga: FTUI dan University of Birmingham kerja sama program "double degree"


Ia mengatakan hasil studi dari riset ini diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pencegahan ekstremisme kekerasan di berbagai negara.

Riset ini akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun dengan studi pada populasi umum hingga populasi khusus pelaku ekstremisme kekerasan di dalam tahanan.

Pengambilan data dilakukan secara daring dan melalui wawancara yang dilakukan di dalam maupun luar penjara.


Desain studi meliputi eksperimen online lintas-seksional dan longitudinal untuk mendapatkan kesimpulan sebab-akibat terjadinya radikalisasi. Sebagai manfaat praktis, hasil studi empiris dapat dijadikan dasar dalam merumuskan strategi dan alat berbasis bukti untuk memprediksi dan mencegah ekstremisme kekerasan.

Sebagai bagian dari kolaborasi riset tersebut, Prof. Ángel Gómez dan Prof. Alexandra Vázquez dari UNED telah berkunjung ke UI pada 9–14 Juni 2023.

Pembicaraan terkait riset ini pun dilakukan oleh para delegasi dari UNED dan delegasi dari Fakultas Psikologi, yakni Prof. Hamdi Muluk; Dr. Mirra Noor Milla, S.Sos., M.Si. yang merupakan Ketua Program Studi Psikologi Program Doktor; serta research collaborator yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Baca juga: UI kolaborasi dengan sepuluh universitas terkemuka di Inggris

Baca juga: UI dan Kerajaan Negeri Selangor Malaysia kerja sama bidang kedokteran

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023