Perusahaan dapat memastikan pengiriman yang tepat waktu dan profesional kepada perusahaan semen tersebut.
Jakarta (ANTARA) - PT MPX Logistics International Tbk, emiten perusahaan transportasi dan logistik, menandatangani kontrak pengangkutan Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) PLTU sebanyak 660.000 ton dengan perusahaan China yang berinvestasi di Indonesia, yaitu PT CONCH Cement Indonesia.

"Ini adalah kabar yang menggembirakan, karena menunjukkan kepercayaan yang diberikan perusahaan semen tersebut kepada perusahaan," kata Direktur Utama PT MPX Logistics International Tbk Wijaya Candera dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dalam kontrak ini, perusahaan akan bertanggung jawab untuk mengangkut limbah batu bara PLTU ke lokasi pabrik semen untuk dimanfaatkan.

FABA merupakan abu yang dihasilkan dalam proses pembakaran batu bara di PLTU. Penggunaan FABA ini dalam industri semen dan infrastruktur semakin populer, karena sifatnya yang ramah lingkungan dengan mengurangi polusi lingkungan.

Kontrak ini ditandatangani pada hari Senin, 10 Juli 2023, katanya, bukan hanya akan memberikan manfaat finansial bagi perusahaan, tetapi juga akan meningkatkan citra perusahaan sebagai mitra yang handal dalam industri logistik.

"Dengan pengalaman dan kompetensi yang dimiliki, perusahaan dapat memastikan pengiriman yang tepat waktu dan profesional kepada perusahaan semen tersebut,” kata Wijaya.

Manajemen perusahaan optimistis kenaikan kinerja di semester II-2023 ini akan melebihi target yang ditetapkan perseroan dengan adanya tambahan kontrak Jasa Angkut FABA PLTU ini dengan perkiraan senilai Rp 35 miliar. Periode kontrak sendiri selama dua tahun dan akan berakhir pada bulan Juli 2025.

Sementara itu dalam semester I-2023 ini pendapatan perusahaan tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 24 persen secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp63,5 miliar dibanding semester I-2022 senilai Rp51,3 miliar.

Kenaikan pendapatan ini ditopang dari segmen penjualan material untuk proyek Amman Smelter Sumbawa dan proyek pabrik kertas di Kalimantan Utara.

Dari sisi laba juga tercatat positif tumbuh 28 persen secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi Rp4,35 miliar dibanding semester 1-2022 senilai Rp3,39 miliar, aset perseroan meningkat 95 persen menjadi Rp116,5 miliar dari sebelum senilai Rp59,74 miliar dan ekuitas perseroan juga tercatat meningkat menjadi Rp86,3 miliar di laporan keuangan per 30 Juni 2023.

Wijaya juga menambahkan, pencapaian kinerja perseroan ini akan terus tumbuh seiring dengan mulai beroperasi 10 unit kendaraan truk tronton tangki baru di bulan Juli ini. Perseroan juga menambah pesanan 5 unit truk baru jenis trailer dan 10 unit dump truck tronton untuk memenuhi kebutuhan kontrak jasa angkut FABA PLTU ini.
Baca juga: MPX Logistics International peroleh dana Rp43,2 miliar usai resmi IPO
Baca juga: MPX Logistics tandatangani kontrak dengan perusahaan China

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023