Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah bersama seluruh masyarakat pada daerah ini telah siap menerima kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI).

Penjabat Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito di Timika, Selasa, mengatakan bahwa Wapres RI Prof Dr KH Ma'ruf Amin akan tiba di Bandar Udara Moses Kilangin di Timika pada Selasa (11/7) sore.

"Pemkab Mimika telah melakukan uji kebersamaan untuk saling bertukar informasi, menguatkan antar unit kerja guna persiapan kunjungan Wapres RI," katanya.

Menurut Bupati, agenda kunjungan akan dimulai pada Rabu(12/7) di RSUD Mimika yaitu meninjau operasi bibir sumbing dan katarak.

"Di Timika Wapres juga akan menyerahkan secara simbolis keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kepada Orang Asli Papua (OAP)," ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini Wapres RI telah bertolak dari Jakarta dan sedang transit di Makassar selama kurang lebih 30 menit, setelah itu lanjut menuju ke Timika.

"Wapres akan tiba sore di Timika menggunakan pesawat khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI bersama rombongan melalui Bandar Udara Moses Kilangin," katanya lagi.

Dia menambahkan Wapres RI Ma'ruf Amin akan menuju ke Kabupaten Nabire pada Kamis (13/7) untuk melakukan peletakan batu pertama dan penanaman pohon.

"Penanaman pohon sebagai tanda penetapan lokasi pembangunan Kawasan Kantor Pemerintahan Provinsi Papua Tengah sekaligus berdialog dengan Hidup Petani Nyata (Hipeta)," ujarnya lagi.
Baca juga: Polda Papua siap kawal kunjungan Ma'ruf Amin di Kabupaten Mimika

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023