Beijing (ANTARA) - Kebun Raya Nasional China akan mendirikan sebuah laboratorium utama untuk perlindungan tanaman ex situ di bawah Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China, kata pihak pengelola kebun raya itu pada Senin (10/7). Ek situ adalah perlindungan tanaman atau satwa di luar habitatnya.

Laboratorium tersebut akan mengikuti perkembangan teknologi dan penelitian mutakhir internasional, berfokus pada upaya perlindungan tanaman liar serta pencegahan dan pengendalian keamanan hayati, sembari melakukan penelitian teknis terbuka yang melibatkan berbagai disiplin ilmu.

Laboratorium itu juga akan secara sistematis melakukan penelitian biologi konservasi tanaman dan konservasi sumber daya plasma nutfah tanaman, memantau dan melindungi tanaman yang terancam punah, serta memberikan dukungan teknis bagi perlindungan in-situ tanaman liar.

Sejalan dengan tujuan pengembangan laboratorium tersebut, kebun raya itu akan mengumpulkan dan melestarikan 25.000 spesies tanaman dalam waktu 10 tahun, termasuk 1.500 spesies langka dan terancam punah.

Kebun raya tersebut juga berencana untuk membuat basis data informasi keanekaragaman tanaman yang terbuka untuk umum.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023