Kami harap dengan adanya pengecekan bersama ini dapat menghindari segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban, terutama bencana kebakaran
Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melakukan pemeriksaan alat pemadam kebakaran, instalasi, dan komponen dari hidran di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Selasa.

Kegiatan pemeriksaan bertujuan mengetahui agar seluruh alat pemadam kebakaran, instalasi, dan komponen dari hidran, bahkan jalur evakuasi di area Rutan Cipinang berfungsi dengan baik.

Kegiatan pemeriksaan dan pengecekan dilakukan Morry Prihanton selaku Analis Ahli Muda Kebakaran beserta tim dan didampingi  Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Febrian Sony.

Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali mengapresiasi jajaran Gulkarmat DKI Jakarta yang sudah melakukan pengecekan terhadap alat pemadam kebakaran yang ada di rutan.

"Kami harap dengan adanya pengecekan bersama ini dapat menghindari segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban, terutama bencana kebakaran. Sehingga, warga binaan dan seluruh pegawai Rutan Cipinang merasa aman dan nyaman ketika berada di Rutan Cipinang," kata Sukarno dalam siaran persnya.

Hidran itu sendiri merupakan alat yang berfungsi untuk menyediakan akses pasokan air untuk memberikan bantuan darurat ketika terjadi kebakaran. Dengan tersedianya sistem ini, maka petugas pemadam kebakaran bisa menggunakan pasokan air tersebut untuk menanggulangi kebakaran.

Untuk di Rutan Cipinang komponen hidran Pemadam Kebakaran yang dipakai yaitu tipe di dalam ruangan (indoor) yang mana jenis hidran pemadam kebakaran ini diletakkan di dalam ruangan, menempel pada dinding di lokasi yang strategis serta berfungsi untuk menyimpan peralatan pemadam kebakaran agar lebih rapi, sehingga mudah digunakan ketika terjadi bencana.

Pengecekan bersama itu mulai dari kondisi sampai fungsi dari komponen hydrant box indoor seperti selang pemadam (fire hose), rak selang (hose rack), nozel (nozzle), dan katup (valve) sampai dengan lokasi jalur evakuasi yang ada di area Rutan Cipinang.

"Fire hose merupakan selang yang fungsinya untuk mengalirkan air dari sumber menuju ke titik kebakaran. Hose rack berfungsi untuk menjaga selang pemadam kebakaran agar tidak kusut dan tetap rapi saat proses pemadaman api.

Sementara, hydrant valve berperan sebagai katup keluarnya media air dari reservoir serta nozel merupakan komponen kotak hidran yang berfungsi sebagai pengarah pancaran air sehingga lebih mudah saat mengarahkan selang air ke titik api yang akan dipadamkan.

Kegiatan ini di akhiri dengan saling berbagi ilmu terkait instalasi hidran pemadam, fungsi, serta jalur evakuasi yang baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.
Baca juga: Pos damkar belum ada di tiap kelurahan DKI Jakarta
Baca juga: DPRD dukung pembentukan relawan di 398 RW untuk minimalkan kebakaran
Baca juga: Dinas Gulkarmat DKI lakukan pendinginan di JIC

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023