Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menggelar "Jakarta Fire Fighter Challenge 2023" di Pusdiklat Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin.

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta Satriyadi Gunawan mengatakan "Jakarta Fire Fighter Challenge 2023" merupakan ajang adu keahlian antarsektor di lingkungan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

Kegiatan itu dalam rangka memeriahkan HUT Ke-496 Kota Jakarta dan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kegiatan 'skill' kompetisi antarsektor ini untuk wujudkan petugas pemadam kebakaran yang profesional, terlatih, terampil dan mampu bekerjasama dengan tim dalam rangka mendukung Sukses Jakarta Untuk Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Tabung gas 12 kg bocor diduga picu kebakaran di gudang peti kemas

Selain itu, kegiatan tersebut untuk melatih keterampilan dalam pelaksanaan operasi pemadaman kebakaran dan penyelamatan serta bagaimana melakukan pertolongan awal pada korban yang mengalami cedera.

Satriyadi mengimbau para petugas untuk meningkatkan peran masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran di wilayahnya.

"Mari kita tingkatkan peran aktif masyarakat untuk upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran," katanya.

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengapresiasi Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dan seluruh jajarannya yang sudah menunjukkan dedikasi dan kinerjanya selama ini, dalam hal penanganan kebakaran dan penyelamatan warga masyarakat.

"Saya juga mengapresiasi kinerja PMI Provinsi DKI Jakarta yang merupakan mitra strategis dalam melakukan penanganan musibah kebakaran," tuturnya.

Baca juga: Pabrik kardus terbakar di Kalideres

Dalam kegiatan itu, Sigit menyempatkan melakukan peninjauan beberapa kegiatan lomba "Jakarta Fire Fighter Challenge" antara lain, "house lying" yang diikuti 44 peserta dan "braveheart" yang diikuti 25 peserta.

Peninjauan dilanjutkan dengan melihat bazar yang digelar Dharma Wanita Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dan peninjauan lokasi donor darah.

"Tentu kegiatan ini untuk memastikan dan meningkatkan kemampuan masing-masing Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta dan memastikan jiwa korsa serta kebersamaan sebuah 'team work' dalam melakukan penanganan dan penyelamatan agar terpelihara dengan baik," kata Sigit.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023