Jakarta (ANTARA) - Wisata balon udara di Cappadocia, Turki beroperasi sepanjang tahun, namun ada waktu terbaik untuk naik balon udara yaitu selama bulan Mei hingga Oktober.

Selama Mei hingga Oktober, seperti disiarkan keterangan pers Golden Rama, Selasa (11/7) umumnya cuaca di Cappadocia cenderung baik sehingga lebih memudahkan untuk menikmati pemandangan Cappadocia dari balon udara. Penyedia balon udara biasanya menjadwalkan terbang pada pagi hari, saat kondisi angin dianggap terbaik untuk terbang.

Wisata balon udara di Cappadocia diketahui menjadi salah satu yang paling populer dari Turki yang menawarkan wisata berkeliling kota dengan perspektif yang berbeda. Wilayah Cappadocia sendiri membentang dari Kayseri ke Aksaray, didominasi oleh lanskap lembah-lembah eksotis sehingga membuat pemandangan Cappadocia terlihat menakjubkan bila disaksikan dari atas balon udara.

Selama kurang lebih 30-40 menit, wisatawan akan diajak untuk menyaksikan sejumlah tempat-tempat wisata memukau dan ternama di Cappadocia dari atas balon udara, seperti Goreme Village, Uchisar Castle, dan Cave Hotel.

Baca juga: Menyusun kepingan sejarah di Museum Mosaik Zeugma dan Sanliurfa

Bagi wisatawan yang ingin liburan ke Cappadocia lebih mudah dan teratur dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa agen travel yang sudah memiliki jadwal jelas dan tertata.

Tour Director dari Golden Rama Tours and Travel Edhi Sutadharma mengatakan perusahaannya bekerja sama dengan mitra lokal penyedia balon udara di Turki menyiapkan armada terbaru dengan kapasitas operasi yang lebih besar, serta fasilitas kesiapan layak terbang yang lebih baik guna memastikan kenyamanan dan keselamatan para konsumen.

Menurut dia, terbang di atas formasi batuan vulkanik dengan ratusan balon lainnya bersama-sama saat matahari terbit memerlukan peraturan keselamatan yang baik selain pengoperasian balon udara dijalankan oleh pilot profesional yang memiliki lisensi resmi.

Industri balon udara Cappadocia, sambung dia, diatur secara ketat oleh Otoritas Penerbangan Turki untuk memastikan semuanya selaras dengan batasan keselamatan.

Head of Marketing Communications Golden Rama Tours & Travel Ricky Hilton melalui keterangan pers yang sama menuturkan armadanya akan beroperasi setiap hari. Dia memperkirakan sebanyak 12.775 pelanggan domestik atau internasional dapat terbang dan menikmati layanan ini sepanjang tahun.

“Unit balon udara ini tentunya masih dioperasikan oleh pihak perusahaan lokal setempat," kata dia.

Pengalaman terbang melihat keindahan Cappadocia dari atas akan diikuti dengan beberapa pengalaman menarik lainnya, seperti menyaksikan Pigeon Valley dan Uchisar Village yang unik. Konsumen juga akan diajak untuk mengunjungi tempat pembuatan perhiasan, karpet, dan keramik khas Cappadocia.

Baca juga: Halfeti, kota yang sempat tenggelam dan kembali ke permukaan

Baca juga: Turki jadi pilihan menarik turis Indonesia selama pandemi

Baca juga: Jalan-jalan di Turki secara virtual dari rumah

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023