Harga minyak relatif datar di awal perdagangan Asia pada Rabu...
Singapura (ANTARA) - Harga minyak relatif datar di awal perdagangan Asia pada Rabu, karena harapan untuk permintaan lebih tinggi di negara berkembang dan pengurangan pasokan oleh eksportir minyak terbesar dunia mengimbangi kekhawatiran penurunan ekonomi yang mendorong naiknya stok minyak mentah AS.

Minyak mentah berjangka Brent sedikit tergelincir 4 sen menjadi diperdagangkan di 79,36 dolar AS per barel pada pukul 00.15 GMT. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 1 sen menjadi diperdagangkan pada 74,82 dolar AS per barel.

Menjaga harga, persediaan minyak mentah AS naik sekitar 3 juta barel dalam sepekan hingga 7 Juli 2023, menurut sumber pasar yang mengutip angka industri American Petroleum Institute (API). Para analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 500.000 barel stok minyak mentah.

Jika dikonfirmasi dalam data dari Badan Informasi Energi AS (EIA) yang akan dirilis Rabu waktu setempat, itu akan menjadi stok minyak mentah pertama yang dibangun dalam empat minggu dan dibandingkan dengan peningkatan 3,3 juta barel pada minggu yang sama tahun lalu dan penurunan rata-rata lima tahun sebesar 6,9 juta barel.

Pada sesi sebelumnya, minyak naik sekitar 2,0 persen, didorong oleh penurunan dolar AS dan perkiraan permintaan global akan minyak bumi meningkat.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pasar minyak akan tetap ketat pada paruh kedua tahun 2023, mengutip permintaan yang kuat dari China dan negara-negara berkembang dikombinasikan dengan pengurangan pasokan yang baru diumumkan, termasuk oleh eksportir utama Arab Saudi dan Rusia.

Pada saat yang sama, EIA AS pada Selasa (11/7) memproyeksikan permintaan akan melampaui pasokan sebesar 100.000 barel per hari (bph) pada tahun 2023 dan sebesar 200.000 barel per hari pada tahun 2024.

Pasar sedang menunggu data inflasi AS pada Rabu untuk petunjuk prospek suku bunga. Suku bunga yang lebih tinggi dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi permintaan minyak.
Baca juga: Minyak turun di Asia tertekan kekhawatiran permintaan lebih lemah
Baca juga: Minyak turun di perdagangan Asia imbas kekhawatiran permintaan China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023